Program inovasi desa diharapkan meningkatkan pemanfaatan Dana Desa di Barut

id program inovasi desa di barito utara,bursa inovasi desa di barut,wakil bupati barut sugianto panala utara,dinas sosial pmd barut

Program inovasi desa diharapkan meningkatkan pemanfaatan Dana Desa di Barut

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) tingkat kabupaten Barito Utara, di gedung Balai Antang Muara Teweh, Senin. (Istimewa)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng)- Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalteng mengharapkan melalui Program Inovasi Desa hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa (DD) di daerah setempat.
    
"Program ini untuk memberikan rujukan inovasi pembangunan desa dan juga untuk merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan SDM serta infrastruktur desa," kata Wakil Bupati Barito Utara (Barut) Sugianto Panala Putra membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) tingkat kabupaten setempat di Muara Teweh, Senin.

Menurut dia, program inovasi desa  sangat membantu desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing.

Inovasi, kata dia, akan membuat perubahan besar bagi desa, sumber daya desa akan semakin bersaing, infrastrukturnya menjadi lebih baik yang akan secara tidak langsung menggerakan ekonomi di desa dan berimbas pada perubahan ekonomi kabupaten barito utara secara keseluruhan.

"Bursa inovasi desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa lingkup Kabupaten Barito Utara. Bursa inovasi desa merupakan bagian tak terpisahkan dari model pengelolaan inovasi di tingkat kabupaten," katanya membacakan sambutan Bupati Barito Utara H Nadalsyah.

Sugianto mengatakan maksud dari pelaksanaan bursa inovasi desa yaitu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

"Saya berharap melalui kegiatan bursa inovasi desa di Barito Utara ini, akan menjadikan pelaku dan pemangku kepentingan yang terkait dapat meningkatkan kesejateraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas, sehingga desa memiliki kualitas perencanaan pembangunan desa dalam memanfaatkan dana yang menjadikan desa lebih produktif," ucapnya.

Pemkab Barito Utara sangat berkomitmen agar desa berubah menjadi semakin baik. Perbaikan desa akan terwujud jika aparatur desa terus didorong untuk selalu meningkatkan pengetahuan dalam penggunaan dana desa yang efektif.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan dan Masyarakat Desa Barito Utara Eveready Noor mengatakan program inovasi desa merupakan salah satu upaya dari Kementerian Desa guna mempercepat penanggulangan kemiskinan di daerah pedesaan melalui optimalisasi pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dan strategis. 

"Salah satu kegiatan dari program inovasi desa adalah bursa inovasi desa yang kita laksanakan pada hari ini," ujarnya.