Pengadilan Agama resmi beroperasi di Gumas, ini harapan Wabup

id kabupaten gunung mas,pengadilan agama gunung mas,ketua pengadilan agama gunung mas, Wakil Bupati Gunung Mas,Rony Karlos

Wabup Gumas Rony Karlos (dua dari kanan) saat meresmikan Operasional Pengadilan Agama Kuala Kurun, Kamis (29/11). (Foto Antara Kalteng/Jemmy Kamis)

pemkab telah menyediakan lahan seluas 2 hektare untuk lokasi pengadilan Agama Kuala Kurun
Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Wakil Bupati Gunung Mas Rony Karlos memimpin langsung peresmian beroperasinya Pengadilan Agama kelas II, yang terletak di Jalan Sangkurun RT VII RW V Kelurahan Kuala Kurun, Kamis.

Pemerintah Kabupaten Gumas menyambut baik pengoperasian Pengadilan Agama Kuala Kurun, karena keberadaannya tentu akan memudahkan masyarakat mencari keadilan, termasuk mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan perkawinan, Rony disela-sela peresmian.

"Kami mengharapkan Pengadilan Agama Kuala Kurun ikut terlibat dan dapat bersinergi dengan Pemkab Gumas serta pihak lainnya, dalam membangun kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini," tambahnya.

Dia membenarkan bahwa Pengadilan Agama masih meminjam salah satu gedung milik Pemkab Gumas. Namun peminjaman tersebut bersifat sementara, karena Pemkab telah menyediakan lahan seluas 2 hektare untuk lokasi pengadilan Agama Kuala Kurun.

"Inilah fasilitas yang bisa sementara kami berikan. Kami sebenarnya sudah menyiapkan tanah sekitar dua hektare. Semoga nanti dapat terealisasi. Untuk sementara, mohon  menggunakan fasilitas yang ada," kata Rony.

Menurutnya, dengan keberadaan Pengadilan Agama ini akan memudahkan masyarakat dalam mengurus hal-hal terkait kewenangan Pengadilan Agama, yang selama ini dilakukan di daerah lain.

"Ini sangat memudahkan masyarakat kita, dalam hal biaya dibanding harus bepergian ke daerah lain," kata Rony.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalteng Syarif Usman pun mengapresiai bantuan dari pemerintah Kabupaten Gumas. Dia mengatakan, Pengadilan Agama Kuala Kurun nantinya akan dipimpin oleh Wakil Ketua yang tugasnya juga merangkap sebagai Ketua.

"Tentunya, dengan diresmikannya operasinal kantor pengadilan agama ini dapat memberi rasa keadilan bagi masyarakat,” katanya.

Wakil PA Kuala Kurun, Aliyudin menambahkan. Jumlah pegawai yang bertugas di PA Kuala Kurun, berjumlah delapan orang.

"Jadi, sebenarnya idealnya 40 orang namun untuk sementara kami maksimalkan dulu delapan orang ini termasuk saya sendiri," demikian Aliyudin.

Pewarta :
Editor: Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar