Kabupaten Sukamara tak masuk kategori miskin

id Kabupaten Sukamara tak masuk kategori miskin,Miskin,Kabupaten Sukamara,Sukamara,Sekda Sukamara Sutrisno

Sekda Sukamara H Sutrisno (kiri) saat menyerahkan Tali Asih kepada ASN yang sudah Purna Tugas. (Ist)

Sukamara (Antaranews Kalteng) - Sekretaris Daerah Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah H Sutrisno mengungkapkan berdasarkan kriteria masyarakat miskin yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, rata-rata penduduk di Kabupaten Sukamara tidak masuk dalam kriteria tersebut.

"Penduduk Sukamara tidak ada yang masuk dalam14 kriteria miskin menurut standar Badan Pusat Statistik (BPS)," kata Sutrisno di Sukamara, Jumat.

Sutrisno mengatakan jika mengacu pada 14 kriteria yang digunakan untuk mendata masyarakat miskin di Kabupaten Sukamara, maka hasil yang didapat akan sangat kecil sekali, karena tidak termasuk dalam kriteria tersebut.

Namun, terlepas dari kriteria tersebut, Pemerintah Kabupaten Sukamara juga memiliki kebijakan bagi masyarakat kurang mampu dengan berbagai program seperti pendidikan dasar gratis 12 tahun, layanan kesehatan dasar gratis, program raskin juga tetap dipertahankan pemda setempat, agar masyarakat Sukamara semakin sejahtera.

"Dalam kriteria kurang mampu ini bukan berarti miskin, misalnya ada warga yang memiliki mata pencaharian, namu disaat tertentu warga ini tidak bekerja. Dan itu yang menjadi perhatian pemerintah, sehinga kalau dikatakan miskin mungkin tidak bisa tapi bisa dikatakan tidak mampu saja," ucapnya

Sutrisno menambahkan, walaupun kriteria miskin tidak masuk dalam pendataan masyarakat di Kabupaten Sukamara, tetapi pemkab ingin lebih mensejahterakan masyarakat meskipun tidak
menggunakan kriteria yang telah ditetapkan pemerintah pusat," lanjutnya.

Tapi pada intinya pemerintah ingin mensejahterakan rakyat Indonesia.
 

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar