Karang Taruna Kotim dorong anggotanya kembangkan hidroponik

id Karang Taruna Kotim dorong anggotanya kembangkan hidroponik,Karang Taruna,Muhamad Indra,SKM Farm Palangka Raya,Alang Arianto,Usman gumanty

Karang Taruna Kotim dorong anggotanya kembangkan hidroponik

Rombongan Karang Taruna Kotim berfoto bersama tim SKM Farm Palangka Raya usai kunjungan belajar hidroponik, Minggu (2/12/2018). (Foto Istimewa)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Karang Taruna Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, membekali anggotanya kemampuan pertanian sistem hidroponik atau budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. 

"Kami berharap ini menjadi unit usaha Karang Taruna, dimulai dari keluarga, kemudian ditularkan kepada masyarakat. Hidroponik sangat potensial dikembangkan untuk membantu peningkatan perekonomian masyarakat," kata Sekretaris Karang Taruna Kotawaringin Timur, Muhamad Indra di Sampit, Minggu.

Untuk mendapatkan pengetahuan hidroponik langsung dari pakarnya, Karang Taruna Kotawaringin Timur melaksanakan kunjungan belajar ke Palangka Raya selama sehari. Rombongan berjumlah 40 orang yang merupakan perwakilan Karang Taruna sejumlah kecamatan dan desa di kabupaten ini bertolak pada Minggu pagi.

Tujuan kunjungan belajar ini adalah SKM Farm Palangka Raya yang didirikan Usman Gumanty, seorang dosen Pertanian di Universitas Palangka Raya. Rombongan ingin melihat langsung proses penanaman dengan sistem hidroponik, mulai persiapan peralatan, penyemaian, penanaman, pemeliharaan hingga pemanenan.

Penanaman dengan sistem hidroponik masih sedikit diterapkan di Kotawaringin Timur. Padahal, sistem ini dinilai mempunyai banyak kelebihan dibanding penanaman di tanah.

"Kami berencana membuat percontohan. Harapannya nanti, hidroponik ini menjadi salah satu unggulan yang dikembangkan Karang Taruna Kotawaringin Timur hingga di tingkat desa," kata Indra.

Sementara itu, kunjungan belajar hidroponik dipimpin Ketua Karang Taruna Kotawaringin Timur Alang Arianto. Peserta bertolak menggunakan bus dan beberapa mobil menuju Palangka Raya dengan menempuh perjalanan sekitar empat jam.

Peserta sangat antusias karena sebagian besar mereka sudah banyak yang menjalankan usaha pertanian di desa masing-masing, namun selama ini dengan sistem menanam di tanah. Peserta bersemangat karena kunjungan kerja dilaksanakan ke orang yang dinilai memang sangat menguasai hidroponik.

Paparan terkait materi hidroponik disampaikan Usman Gumanty, sedangkan saat praktik, peserta yang dibagi menjadi delapan kelompok diarahkan oleh masing-masing pendamping yang merupakan pengurus SKM Farm Palangka Raya yang merupakan mahasiswa Pertanian.

Peserta sangat antusias belajar menyiapkan media tanam, menyemai bibit dan tahapan lainnya. Diskusi menarik berlangsung sepanjang praktik, apalagi peserta melihat contoh-contoh sayuran hidroponik yang sudah besar maupun yang siap panen.

Usman mengatakan, potensi ekonomi hidroponik masih cukup besar karena permintaan tinggi. Sistem ini memiliki banyak keunggulan karena bisa dijalankan di lahan sempit, murah, lebih tahan penyakit, kualitas dan rasanya unggul, cukup tahan penyakit, harganya tinggi dan pemasarannya mudah, serta  lainnya. 

"Kami sangat senang bisa berbagi informasi dengan peserta. Kami berharap warga Karang Taruna sukses mengembangkan hidroponik di Kotawaringin Timur dan menularkannya kepada masyarakat lainnya sehingga membawa manfaat besar bagi peningkatan pendapatan masyarakat," harap Usman.

Usman yang juga Ketua Komunitas Hidroponik dan Aquaponik Kalimantan Tengah mengatakan, saat ini belum banyak petani di provinsi ini yang mengembangkan pertanian dengan sistem hidroponik. Pihaknya dengan tangan terbuka, selalu siap menerima siapa saja yang ingin belajar hidroponik.

Saat ini makin banyak yang tertarik mengembangkan pertanian dengan sistem hidroponik. Pihaknya juga mendapat kepercayaan dari Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah membuat percontohan agrowisata hidroponik dengan harapan dapat menarik minat masyarakat untuk mengembangkan hidroponik.