Pemkab Kotim diingatkan mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok

id Pemkab Kotim diingatkan mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan,Natal,Tahun baru,Kotawaringin timur,Sampit

Pemkab Kotim diingatkan mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok

Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Jainudin Karim. (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Sampit (Antaranews Kalteng) - DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, meminta pemerintah daerah mengantisipasi kenaikan harga sejumlah bahan kebutuhan, khususnya kebutuhan pokok, menjelang perayaan Natal 2018 dan tahun baru 2019.



Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Jainudin Karim di Sampit, Senin mengatakan, dengan adanya campur tangan pemerintah diharapkan harga kebutuhan di pasar bisa lebih terkendali.



"Masyarakat khawatir jika tidak diantisipasi, harga kebutuhan pokok akan naik dan tidak terkendali. Hal seperti itu sudah sering terjadi," tambahnya.



Selain antisipasi, Jainudin juga meminta kepada pemerintah daerah melakukan pengawasan terhadap ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok, terutama yang didatangkan dari daerah lain, seperti daging ayam dan daging sapi agar tidak sampai terjadi kelangkaan.



"Harapan kami, pemerintah melalui dinas teknis dan instasi terkait mengantisipasi gejolak harga kebutuhan pokok menjelang perayaan Natal dan pisah sambut tahun 2019," ucapnya.



Menurut Jainudin, ketersediaan bahan kebutuhan pokok di pasaran sangat penting karena menjelang perayaan Natal dan menyambut pergantian tahun konsumsi masyarakat akan meningkat.



"Kami berharap harga kebutuhan pokok tidak naik. Kalaupun terjadi kenaikan tidak terlalu memberatkan masyarakat," ungkapnya.



Jainudin juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak terlalu berlebihan dalam menyambut tahun 2019 nanti, dan dilakukan secara wajar-wajar.



Sementara itu, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasaran saat ini masih terkendali dan pasokan berjalan dengan lancar. Stok juga masih mencukupi sehingga harga relatif stabil.



Harga daging ayam di pasar tradisional Keramat berkisar antara Rp35.000/kg hingga Rp39.000/kg. Daging sapi Rp100.000/kg hingga Rp110.000/kg. Sedangkan harga bawang merah berkisar antara Rp25.000/kg hingga Rp27.000/kg dan bawang putih Rp20.000/kg hingga Rp25.000/kg.