Wasit dapat kritikan dari pelatih PSM usai lawan Bhayangkara FC

id Pelatih psm,bhayangkara fc,kritik wasit,liga 1

Wasit dapat kritikan dari pelatih PSM usai lawan Bhayangkara FC

Rene Robert Albert (Foto ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

Jakarta, (Antaranews Kalteng) - Pelatih klub sepak bola PSM Makassar Robert Rene Alberts mengkritik kepemimpinan wasit Hadiyana usai diimbangi Bhayangkara FC dengan skor 0-0 dalam laga pekan ke-33 Liga 1 Indonesia di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Senin (3/12). 

Salah satu keputusan wasit yang dipertanyakan Robert adalah ketika Hadiyana hanya memberikan tambahan waktu dua menit di akhir pertandingan, padahal ada beberapa kejadian di lapangan yang menyita 

"Seharusnya wasit bisa memberikan perpanjangan waktu lebih lama, tetapi ini hanya dua menit," ujar Robert usai pertandingan kontra Bhayangkara.

Pelatih asal Belanda itu lalu menyamakan situasi tersebut dengan laga Persija kontra Bali United di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (2/11). Dalam pertandingan tersebut, wasit Djumadi Effendi menghentikan pertandingan mendadak tanpa memberikan tambahan waktu.

"Karena itulah saya bangga kepada pemain yang berhasil mengatasi berbagai hal di pertandingan tadi yang saya tak tahu mengatakannya tanpa membuat pihak lain tersinggung," tutur Robert.

Kritikan Robert tersebut mendapat tanggapan dari pelatih Bhayangkara FC Simon McMenemy. Mantan pelatih timnas Filipina itu menyatakan dirinya memahami rasa frustrasi Robert dan bersimpati untuk itu.

"Saya pun sebenarnya bertanya mengapa wasit memberikan perpanjangan waktu dua menit saja. Namun hanya itu yang bisa saya sampaikan," tutur pelatih asal Skotlandia tersebut.

PSM Makassar gagal menyalip Persija Jakarta dari puncak klasemen Liga 1 Indonesia setelah diimbangi Bhayangkara FC dengan skor 0-0 di laga pekan ke-33 Liga 1 Indonesia di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Senin (3/12).

Hasil imbang membuat poin PSM di klasemen sementara menjadi 58, tak mampu melampaui Persija di puncak dengan 59 poin. Kedua tim masih menyisakan satu laga terakhir di Liga 1 Indonesia pada Minggu (9/12) sebagai penentu siapa yang berhak menyandang gelar juara Liga 1 Indonesia musim 2018.

Sementara Bhayangkara dengan 50 poin sampai pekan ke-33, belum mampu merebut peringkat ketiga yang diisi Persib Bandung dengan 51 poin. 

Di laga terakhir Liga 1 Indonesia pada pekan ke-34, PSM akan menghadapi PSMS Medan di Stadion Andi Mattalata, Makassar, Minggu (9/12). Sementara di Bhayangkara akan menghadapi Bali United di Stadion PTIK. ***4***