Puluhan ribu hadiri tabligh akbar ustadz Abdul Somad di Buntok

id ustadz Abdul Somad hadir di Buntok,Buntok,Barsel,Puluhan ribu hadiri tabligh akbar ustadz Abdul Somad di Buntok

Ustadz Abdul Somad saat tausiyah pada Tabligh Akbar di Masjid Al-Munawwarah Buntok. (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Puluhan ribu jamaah menghadiri Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad yang berlangsung di Masjid Al-Munawwarah Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

Puluhan ribu jamaah tersebut memadati didalam maupun disekitar masjid, bahkan disejumlah Jalan dalam kota Buntok seperti di Jalan Merdeka Raya, Jalan Pahlawan, Jalan Veteran, Jalan Agung, dan dikawasan Plaza Beringin Buntok.

Sejumlah warga kota Buntok yang rumahnya berada disekitar Jalan yang dipadati jamaah mengeluarkan televisi mereka didepan rumahnya masing-masing agar jamaah yang berada jauh dari Masjid Al-Munawwarah Buntok bisa menyaksikan secara langsung Tabligh Akbar yang disiarkan secara langsung melalui TV kabel.

Sebagian masyarakat kota Buntok juga terlihat menyediakan makanan, dan air mineral kemasan secara gratis dipinggir Jalan yang dilintasi jamaah yang datang untuk menghadiri acara itu.

"Jamaah yang menghadiri Tabligh Akbar ini diperkirakan jumlahnya puluhan ribu orang, karena informasinya datang dari sejumlah kabupaten di Kalimantan Tengah (Kalteng), dari provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), bahkan dari Kalimantan Timur (Kaltim)," kata salah seorang warga Buntok, Harsono.
 

Jamaah yang menghadiri Tabligh Akbar didalam Masjid Al-Munawwarah Buntok.(Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Menurut dia, sejumlah jamaah tersebut berdatangan sejak hari Senin, 3 Desember 2018, dan sebagian jamaah ada yang menginap tempat kerabat maupun menginap disejumlah hotel, serta penginapan dalam kota Buntok ini.

Pada acara Tabligh Akbar tersebut, Ustadz Abdul Somad berceramah sesuai dengan tema yakni memohon Rahmat, mendambakan Syafaat, NKRI kuat, umat selamat dunia, dan akhirat.

Usai ceramah selama kurang lebih 60 menit, Ustadz Abdul Somad kemudian menjawab pertanyaan jamaah yang disampaikan jamaah secara tertulis.

Pada acara itu, Polres Barito Selatan mengerahkan 140 orang personil untuk pengamanan kegiatan tersebut.

"Sebanyak 140 personil Kepolisian Polres Barsel diturunkan untuk melakukan pengamanan tabligh akbar yang mendatangkan penceramah kondang Ustadz Abdul Somad," kata Kapolres Barito Selatan, AKBP Wahid Kurniawan.

Ia mengatakan, selain 140 personil Polisi, pengamanan juga dilakukan dari Kodim 1012 Buntok sebanyak 60 personil, dan Satpol-PP sebanyak 60 orang sehingga total personil pengamanan gabungan ini berjumlah 260 orang, dan pengamanan ini dilakukan agar acara tabligh akbar bisa berjalan dengan tertib, aman, dan lancar.

"Kita juga melakukan partroli disekitar kawasan tersebut agar kegiatan berjalan lancar tanpa mengganggu arus lalulintas, dan melakukan penutupan atau pengalihan arus lalulintas di Jalan Pahlawan Bawah, dan Jalan Merdeka Raya serta mengatur lokasi parkir," demikian kata Kapolres Barito Selatan.

Acara Tabligh Akbar yang berlangsung di Masjid Al-Munawwarah Buntok tersebut berjalan dengan tertib, aman, dan lancar.

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar