Antara komitmen selalu menyajikan berita menginspirasi dan mengedukasi

id provinsi kalimantan tengah,hut antara ke-81,kepala biro antara kalteng,rahmad hidayat

Antara Biro Kalteng saat penyerahan buku berjudul "kisah-kisah inspirasi" kepada Kepala BI Kalteng, Polda Kalteng, Korem 102 Panju-Panjung, BKKBN Kalteng, dan RRI saat acara HUT LKBN Antara ke-81, di Palangka Raya. (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Kami berkomitmen terlibat aktif untuk menanggulanginya
Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Kalimantan Tengah, akan terus berupaya dan komitmen memerangi peredaran informasi palsu, serta menyajikan berita yang menginspirasi dan mengedukasi masyarakat.

Komitmen tersebut disampaikan langsung Kepala Biro LKBN Antara Kalteng Rachmat Hidayat saat acara menyambut peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-81 LKBN Antara pada 13 Desember 2018, di Palagka Raya, Rabu.

"Sebagai lembaga milik pemerintah, kami berjanji mengedukasi masyarakat melalui pemberitaan yang dibuat, untuk mencegah peredaran informasi palsu serta berkembangnya informasi negatif yang bersifat provokatif," kata pria yang akrab disapa Dayat itu.

Perkembangan teknologi berupa kemudahan akses informasi melalui internet, memberikan manfaat positif jika dikelola dan digunakan dengan baik. Jika tidak, maka banyak dampak negatif yang ditimbulkan, seperti masivnya penyebaran informasi palsu yang mengakibatkan kegaduhan di masyarakat.

Dosen di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya itu mengatakan, masifnya informasi palsu dan tidak akurat, seringkali menyebabkan perdebatan di berbagai pihak, khususnya masyarakat yang kini terbiasa menggunakan internet.

"Permasalahan ini harus mendapat perhatian serius dan segera ditanggulangi. Kami berkomitmen terlibat aktif untuk menanggulanginya," tegas Dayat.

Keberadaan Antara sebagai kantor berita milik pemerintah, salah satunya bertugas mengatasi permasalahan tersebut, agar tidak menyebabkan perpecahan di dalam kehidupan berbangsa.

Untuk itu, Informasi yang disajikan melalui berita yang dibuat, harus berdasarkan data yang akurat dan fakta di lapangan.

"Agar saat masyarakat membaca berita tersebut, mengetahui informasi yang sebenarnya tanpa harus terprovokasi dengan opini menyimpang," kata Dayat.

Acara penyambutan memperingati HUT LKBN Antara ke-81 tersebut turut dihadiri Kepala Perwakilan BI Kalteng Wuryanto, perwakilan Pemerintah Kota Palangka Raya, Polda Kalteng, Korem 102 Panju Panjung, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalteng, organisasi perangkat daerah di lingkungan Kota Palangka Raya.

Pewarta :
Editor: Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar