Persiapan JD.ID jelang Harbolnas

id jd.id,harbolnas,sharebuy

Persiapan JD.ID jelang Harbolnas

Ilustrasi (JD.Id)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Mengalami pencapaian di luar ekpektasi pada festival belanja Single Day atau 11.11, JD.ID bersiap dari segi teknis hingga warehouse untuk Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12.

"Belajar dari 11.11, kami harus membuat prediksi pemesanan. Di 11.11 kita lihat upaya pemasaran, dukungan teknologi, kampanye, kita menaikkan sampai dengan 50 persen ternyata tembus melebihi itu, kenaikan kita itu sampai 385 persen dari 10.10," ujar Head of Marketing JD.ID Mia Fawzia kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Oleh karena itu, Mia mengatakan bahwa pihak pemasaran telah berkomunikasi dengan pihak TI untuk melipatgandakan jumlah server dari yang telah digunakan pada 11.11.

Hal ini dilakukan agar JD.ID tidak mengalami gagal server yang sempat terjadi pada 12.12 tahun 2017. Saat itu, server tidak bisa menerima ledakan jumlah kunjungan dikarenakan program pemasaran yang menarik pembeli.

Dari segi warehouse, Mia mengatakan bahwa JD.ID memiliki sistem baru setelah melihat ledakan pemesanan pada 11.11.

"Setelah 11.11 kita kewalahan, kita baru ganti sistem warehouse yang terintegrasi dengan logistik," ujar dia.

Begitu transaksi selesai, sistem akan membaca barang yang dipesan dan melacak lokasi keberadaan barang pesanan -- apakah berada di warehouse Marunda atau di Cibitung, atau berada di gudang seller.

"Orang-orang warehouse enggak berhenti 24 jam, saat tutup pukul 23.59, tim operation back support sudah mulai jalan, dan itu enggak berhenti sampai seminggu ke depan, mereka ngepak, memilih barang berdasarkan pesanan," kata Mia.

Layanan JD.ID yang hadir mulai hulu hingga hilir -- mulai customer service, logistik hingga warehouse -- menurut Mia, merupakan kekuatan perusahaan e-commerce yang terafiliasi dengan JD.com itu, jika dibandingkan dengan perusahaan e-commerce lain.

"Kita berlomba dalam kecepatan, kreativitas dan inovasi," ujar Mia.

Selain meluncurkan fitur ShareBuy pada awal pekan ini, JD.ID juga menghadirkan kampanye JDor! jelang Harbolnas 12.12.