Semua peserta punya peluang sama lulus seleksi CPNS Pemkab Kotim

id Semua peserta punya peluang sama lulus seleksi CPNS Pemkab Kotim,Tes CPNS,Kotawaringin Timur,Sampit,Sekretaris daerah,Halikinnor

Sekretaris Daerah Kotim Halikinnor didampingi Kepala BKD Kotim Alang Arianto memberikan arahan kepada peserta SKB CPNS, Jumat (7/12/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Halikinnor meyakinkan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dilaksanakan sesuai aturan sehingga semua peserta mempunyai peluang yang sama untuk lulus.

"Tidak memandang itu misalnya anak bupati, wakil bupati, anak sekretaris daerah maupun pejabat lainnya, kalau nilainya rendah tidak akan lulus. Keponakan saya pun kemarin tidak lulus karena nilainya tidak mencapai 'passing grade' (ambang batas) saat tes," kata Halikinnor di Sampit, Jumat.

Pesan itu disampaikan Halikinnor saat membuka seleksi kompetensi bidang CPNS Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. Seleksi tahap ini akan berlangsung selama empat hari di aula Pendidikan dan Pelatihan Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur.

Halikinnor memberi motivasi kepada peserta agar percaya diri menghadapi seleksi. Dia menegaskan, tidak ada yang bisa mengintervensi hasil seleksi CPNS karena semua dilaksanakan secara transparan.

Peserta diingatkan tidak tertipu oleh siapapun yang mengiming-imingi bisa meluluskan peserta menjadi CPNS. Hasil seleksi tergantung masing-masing peserta saat memjawab semua soal ujian yang diberikan.

"Proses seleksi dilakukan secara transparan, tidak dipungut biaya dan tidak ada KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme. Tergantung Anda. Kalau pintar, cerdas dan nasib baik, bisa lulus. Semua berdasarkan hasil Anda sendiri, tidak bisa diutak-atik. Seleksi tahap sebelumnya bisa menjadi pengalaman dalam menghadapi seleksi tahap ini," ujarnya.

Halikinnor mengatakan, peserta yang akan diterima menjadi CPNS Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan peserta terbaik hasil seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

Sistem seleksi yang transparan dan sangat ketat, diharapkan mampu menghasilkan CPNS yang lebih berkualitas sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Aparatur sipil negara harus meluruskan niat menjadi abdi negara dan pelayan masyarakat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur Alang Arianto mengatakan, jumlah peserta seleksi kompetensi bidang sebanyak 977 orang. Seleksi dilaksanakan selama empat hari yang dibagi menjadi tiga sampai empat sesi setiap harinya.

"Peserta yang lulus nantinya adalah peserta dengan nilai tertinggi karena akan diurut berdasarkan rangking. Yaitu total nilai SKD dengan porsi 40 persen dan SKB porsi 60 persen," kata Alang.

Sementara itu, peserta terlihat sangat serius menghadapi seleksi yang sangat menentukan ini. Peserta diberi waktu 90 menit untuk menyelesaikan 100 soal yang terkait dengan bidang formasi masing-masing. 

Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar