Pemkot Palangka Raya harus pandai cari bantuan pusat

id Pemkot Palangka Raya harus pandai cari bantuan pusat,DPRD kota,APBD,DAK,Rusdiansyah

Pemkot Palangka Raya harus pandai cari bantuan pusat

Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah, Rusdiansyah. (Foto Antara Kalteng/Rendhika Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah, Rusdiansyah meminta pemerintah kota setempat pandai-pandai mencari dana bantuan dari pemerintah pusat yang untuk menambah sumber pendanaan untuk membangun daerah. 



"Saya berharap setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkot Palangka Raya harus pandai-pandai mencari dana bantuan pusat, sesuai dengan bidangnya masing-masing," kata Rusdiansyah di Palangka Raya, Sabtu. 



Dia mengatakan, jika hal itu bisa dilakukan oleh seluruh OPD pada 2019 nanti, dia yakin perkembangan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah, kota Palangka Raya akan cepat lebih maju dibandingkan daerah lainnya yang ada di provinsi ini. 



Menurutnya, selama ini OPD di daerah itu tidak maksimal melakukan apa yang menjadi masukan para wakil rakyat yang duduk di lembaga DPRD setempat. Kemampuan OPD mencari bantuan dana dari pemerintah pusat, belum optimal.



"Saya contohkan saja misalnya mencari dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat yang tujuannya untuk meningkatkan infrastruktur, serta di bidang-bidang lainnya, kalau dikomunikasikan tentunya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk perkembangan daerah," katanya. 



Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menegaskan, apabila pembangunan di 'Kota Cantik' julukan Palangka Raya, hanya mengandalkan dana APBD setempat, maka tidak akan mencukupi bahkan sangat terbatas. 



"Kalau ada dana bantuan pusat, tentunya permasalahan di berbagai bidang di kota kita, setidaknya dapat teratasi. Kalau hanya mengandalkan dana APBD saja, tentunya permasalahan di masyarakat yang sangat mendesak yang akan didahulukan sebab menyesuaikan dengan anggaran yang ada," tegasnya.



Rusdiansyah yang akrab disapa Uwah, berharap masukan-masukan yang tujuannya baik untuk masyarakat, segera direspons oleh pemerintah setempat sehingga di awal tahun 2019 nanti apa yang diinginkan bisa dilakukan setiap OPD di pemerintah kota setempat.



"Semoga apa yang sudah kami utarakan ini menjadi bahan masukan bagi mereka kepala dinas, sehingga keuntungannya dari ide saya ini untuk kita bersama," demikian Rusdiansyah.