Dinsos Kota berikan dana membangun rumah kepada korban kebakaran

id kota palangka raya,korban kebakaran di palangka raya,kebakaran di palangka raya,kepala dinsos palangkaraya,Ahmad Fauliansyah

Dinsos Kota berikan dana membangun rumah kepada korban kebakaran

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin (tengah) didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah Suhaemi memantau bangunan rumah warga yang terbakar di kawasan Jalan dr. Murjani, Senin (10/12/18). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo).

bagi korban kebakaran yang menyewa di barak akan diberikan bantuan sebesar Rp3-4 juta
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dinas Sosial Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, dalam waktu dekat akan memberikan dana untuk bantuan pembangunan rumah kepada warga korban kebakaran di kawasan Jalan dr Murjani.

Kepala Dinsos Kota Palangka Raya Ahmad Fauliansyah, Senin, membenarkan pihaknya segera mengucurkan dana untuk pembangunan rumah 41 kepala keluarga (kk) yang rumahnya terbakar saat musibah tersebut menimpa mereka. 

"Sesuai dengan persyaratan kami akan melihat legalitas tanah milik para korban kebakaran terlebih dahulu, paling tidak status tanah tersebut SKT. Itu kami lakukan agar bisa mengucurkan dana pembangunan rumah," beber dia. 

Dikatakan, cara dan besaran dana bantuan yang nantinya dikucurkan Dinsos dengan melihat ukuran serta kondisi rumah korban kebakaran. Tidak hanya itu, Dinsos juga akan diminta untuk membuatkan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mereka perlukan.

Fauliansyah mengatakan apabila data-data tersebut sudah diterima semua, maka dana tersebut akan dikucurkan melalui rekening bank yang dimiliki masing-masing korban kebakaran.

Hal ini dilakukan guna tidak ada terjadi pengurangan serta lain sebagainya dari oknum yang tidak bertanggung jawab. 

"Biasanya itu kalau rumah berkontruksi kayu seperti di kawasan setempat bantun dikucurkan Rp5-8 juta. Namun lagi-lagi tergantung dengan ukuran besar rumahnya berapa, kami mengacu dari itu untuk menentukan nominalnya," ucapnya. 

Mantan Kepala Disnakertran Kota Palangka Raya itu menambahkan, bagi korban kebakaran yang menyewa di barak akan diberikan bantuan sebesar Rp3-4 juta.  Uang tersebut diberikan dengan tujuan membantu mereka agar bisa menyewa barak selama enam bulan, kemudian membeli keperluan hidup mereka selama beberapa bulan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin siang itu juga memberikan bantuan sembako serta pemeriksaan kesehatan gratis untuk korban kebakaran. 

Selanjutnya kepala daerah termuda seluruh Indonesia tersebut juga memantau lokasi kebakaran yang menimpa rumah 26 bangunan rumah warga itu. Tidak hanya itu ia juga memiliki ide untuk memperbanyak hidran di kawasan pemukiman padat penduduk.

Agar ketika terjadi hal serupa, hidran tersebut bisa digunakan sesuai dengan fungsinya dan salah satu mencegah terjadinya bencana kebakaran yang dampaknya bisa merugikan masyarakat banyak.