Pemkab Barito Utara gelar seminar penyusunan dokumen ASB

id seminar analisis standar biaya barito utara,bappedalitbang barito utara,universitas brawijaya malang,pemkba barito utara

Pemkab Barito Utara gelar seminar penyusunan dokumen ASB

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra ketika membuka seminar penyusunan dokumen analisis standar biaya (ASB) yang dilaksanakan di aula BappedaLitbang Muara Teweh, Senin. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng)- Pemerintah Kabupaten Barito Utara, menggelar seminar penyusunan dokumen analisis standar biaya (ASB) 2018 bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur.
    
Analisis standar biaya adalah standar untuk menganalisis anggaran belanja yang digunakan dalam suatu program atau kegiatan untuk menghasilkan tingkat pelayanan tertentu dan kewajaran biaya unit kerja dalam satu tahun anggaran, kata Wakil Bupati Barito Utara (Barut) Sugianto Panala Putra  ketika membuka kegiatan di Muara Teweh, Senin. 

"Ada bebeberapa manfaat dari analisis standar biaya (ASB) ini seperti Pemkab Barito Utara dapat menentukan kewajaran belanja untuk melaksanakan suatu kegiatan sesuai tupoksinya," tambah dia dalam kegiatan itu juga dihadiri Sekda H Jainal Abidin.

Kemudian, katanya,  meminimalisasi terjadinya pengeluaran yang kurang jelas yang mengakibatkan inefisiensi anggran. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan keuangan daerah. Menentukan anggran berdasarkan pada tolak ukur kinerja yang jelas.

Selain itu jelasnya unit kerja mendapat kelulusan yang lebih besar untuk menentukan anggrannya sendiri. Dan sebagai dasar untuk penentapan plafon anggaran pada saat plafon prioritas anggaran sementara (PPAS). Penentuan besar alokasi disetiap kegiatan menjadi objektif. 

"Pemerintah daerah memiliki argumen yang kuat jika dituduh melakukan pemborosan serta peyusunan anggaran menjadi lebih tepat waktu," katanya.

Kepala Badan Perencanan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Barut, Muhlis menyampaikan seminar peyusunan analisis standar biaya (ASB) diharapkan bisa mencurahkan sumbang saran serta berbagai masukan yang berguna untuk perumusan dan peyempurnaan dokumen analisis standar biaya Kabupaten Barito Utara.

"Dasar hukum pelaksanaan ASB terdapat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah, dalam Permendagri  Nomor 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah" kata dia.

Usai pembukaan seminar peserta mendengarkan penyusunan anggran berdasarkan prestasi kerja dilakukan berdasarkan capaian kerja, indikator kerja, analisis standar kerja, standar satuan harga serta standar pelayanan mini (SPM).