Lamandau kembali raih penghargaan peduli HAM

id Lamandau kembali raih penghargaan peduli HAM,Bupati Lamandau Hendra Lesmana

Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat menerima penghargaan Kabupaten Peduli HAM dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna Hamonangan Laoly di gedung Kemenkumham, Jakarta, Rabu (12/12/18). (Foto Humas Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Bupati Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah Hendra Lesmana menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM, sebagai kabupaten yang peduli dengan Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna Hamonangan Laoly.

Penghargaan yang diserahkan tepat pada peringatan Hari HAM Sedunia ke-70 di gedung Kemenkum HAM di Jakarta, Rabu, merupakan penghargaan ke tiga kali yang diberikan Kementerian Hukum dan HAM kepada Kabupaten Lamandau.

"Penghargaan Kabupaten Peduli HAM sudah kita peroleh tiga tahun berturut - turut, mulai dari tahun 2016 sampai 2018," kata Hendra Lesmana saat dihubungi di Nanga Bulik.

Hendra memandang, bahwa penghargaan tersebut sangat istimewa karena memiliki kriteria yang tinggi yang harus dipenuhi oleh kabupaten setempat, yakni terpenuhinya hak masyarakat atas kesehatan seperti tingkat kematian ibu bersalin dan kematian bayi sangat kecil, terpenuhinya hak pendidikan masyarakat (anak putus sekolah tidak ada).

Selain itu dalam bidang tenaga kerja terdapat penilaian terkait dengan tingkat pengangguran yang angkanya sangat kecil, serta terkait dengan Lingkungan Hidup Kehutanan (LHK) di mana masih terjaganya daerah resapan air dan hutan di kabupaten berjuluk "Bumi Bahaum Bakuba".

"Terdapat juga penilaian kependudukan yakni terkait dengan kepatuhan akan administrasi kependudukan di atas rata - rata, tentang perlindungan anak dan perempuan serta perumahan," terangnya.

Ia juga menegaskan bahwa semua laporan tersebut disampaikan setiap tahunnya dan biasanya ada evaluasi dari kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalteng.

Ia berharap dengan penghargaan yang diraih Kabupaten Lamandau ke depannya di bawah pemerintahannya dapat lebih memberikan hak - hak dasar kepada masyarakat.

"Kedepannya kita akan berbuat lebih baik lagi dalam pemenuhan hak dasar masyarakat Lamandau, dan meningkatkan pelayanan kepada mereka," demikian Hendra.

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar