Wabup Seruyan minta Disdik inventarisir keperluan tiap sekolah

id kabupaten seruyan,wakil bupati seruyan,iswanti,sekolah di seruyan,seruyan

Wabup Seruyan minta Disdik inventarisir keperluan tiap sekolah

Wakil Bupati Seruyan Iswanti (dua dari kanan) meninjau ruang kelas di sekolah yang ada di Kecamatan Hanau, baru-baru ini. (Foto Protokol Pemerintah Kabupaten Seruyan)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Wakil Bupati Seruyan Iswanti, meminta Dinas Pendidikan setempat menginventarisir keperluan tiap sekolah di berbagai kecamatan dan membuat skala prioritas agar dipenuhi secara bertahap.

"Kami ingin kegiatan belajar dan mengajar di tiap sekolah, baik di perkotaan maupun perdesaan berjalan lancar tanpa terkendala permasalahan minimnya fasilitas pendukung ataupun keterbatasan tenaga pendidik," katanya di Kuala Pembuang, Rabu.

Dalam beberapa hari terakhir, ia bersama sejumlah pejabat dari berbagai organisasi perangkat daerah terkait, melakukan kunjungan ke sejumlah kecamatan untuk melihat secara langsung kondisi sarana dan prasarana yang dimiliki pemerintah kabupaten.

Pemerintah kabupaten ingin pembenahan sektor pendidikan dilakukan secara optimal, melalui pemenuhan berbagai kebutuhan sekolah, meliputi meja dan kursi belajar yang sudah tidak layak pakai, kekurangan ruang belajar hingga guru.

"Target utama kami adalah mewujudkan pemerataan dalam dunia pendidikan, agar hak-hak masyarakat terpenuhi hingga ke wilayah perdesaan tanpa adanya perbedaan," tuturnya.

Baca juga: Wabup Seruyan: Gali potensi desa dengan pengembangan inovasi baru

Selain merupakan komitmen pemerintah kabupaten, upaya ini sekaligus menindaklanjuti permintaan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah beberapa waktu lalu saat melakukan kunjungan kerja ke Seruyan.

Masih banyak masyarakat yang mengeluhkan minimnya tenaga pendidik yang ditugaskan di kecamatan khususnya daerah pelosok. Seperti di Kecamatan Danau Seluluk, DPRD Kalimantan Tengah menyebut masih terjadi kekurangan guru di berbagai tingkatan seperti SD, SMP hingga SMA.

"Kami berupaya secara optimal meningkatkan kualitas pendidikan di daerah, melalui pembenahan dan pemenuhan keperluan tiap sekolah," ungkap Iswanti.

Namun ia meminta masyarakat bersabar, karena pemenuhan berbagai kebutuhan sekolah di seluruh kecamatan tidak dapat dilakukan bersamaan. Mengingat terbatasnya anggaran yang dimiliki, tentu akan ada skala prioritas sehingga pemenuhannya dilakukan secara bergantian.

Selain mengunjungi sejumlah sekolah yang ada di Kecamatan Danau Sembuluh dan Hanau, Iswanti beserta jajaran juga mengunjungi sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan dan kantor kecamatan, untuk meninjau kinerja aparatur dan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Baca juga: Memastikan Kecamatan bekerja baik, ini yang dilakukan Wabup Seruyan

Baca juga: Ini yang ditemukan Wabup Iswanti saat inspeksi mendadak