DPRD Kotim soroti lemahnya koordinasi organisasi perangkat daerah

id DPRD Kotim soroti lemahnya koordinasi organisasi perangkat daerah,Rimbun,Reses,Proyek,Kotawaringin Timur,Sampit

DPRD Kotim soroti lemahnya koordinasi organisasi perangkat daerah

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Rimbun. (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Rimbun menilai kinerja dan koordinasi organisasi perangkat daerah setempat masih lemah dan berpotensi menimbulkan banyak permasalahan.



"Laporan yang saya terima, masih ada OPD teknis yang tidak mau melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan, desa maupun kelurahan. Kondisi ini membuktikan jika kinerja eksekutif masih lemah dalam melaksanakan program pembangunan," katanya di Sampit, Kamis.



Rimbun mengaku laporan tersebut disampaikan langsung oleh pihak kecamatan, desa dan kelurahan saat dirinya melakukan reses ke wilayah daerah pemilihannya, yakni Kecamatan Cempaga.



"Salah satu permasalahan yang dikeluhkan pihak kecamatan, desa dan kelurahan adalah pihak dinas atau instansi tidak pernah memberitahukan adanya pelaksanaan proyek pembangunan di wilayah itu, sehingga pekerjaan proyek tidak terpantau dengan baik," tambahnya.



Pengakuan pihak kecamatan, desa dan kelurahan, pihak dinas tersebut biasanya baru akan melakukan koordinasi dan memberitahukan adanya pelaksanaan proyek pembangunan jika ada terjadi masalah.



Dikatakannya, masyarakat desa, kelurahan dan kecamatan harus dilibatkan dalam proses pembangunan agar mereka juga bisa turut melakukan pengawasan.



"Ini bukti kurang ada sinergi antara OPD, kecamatan, desa dan kelurahan. Kami berharap permasalahan serupa tidak terjadi," terangnya.



Rimbun akan menyampaikan permasalahan tersebut ke pimpinan pemerintah daerah itu agar permasalahan yang terjadi di lapangan nantinya menjadi bahan evaluasi.



"Tujuan reses yang kami lakukan adalah untuk menyerap aspirasi dan keluhan tidak hanya dari masyarakat tetapi juga dari tataran pemerintah dari tingkat desa hingga kecamatan," ucapnya.



Rimbun berharap seluruh tingkatan pemerintahan selalu bersinergi dan melakukan koordinasi setiap pelaksanaan program pembangunan agar pembangunan bisa lebih tepat sasaran.