Jelang Natal, Pemkab Seruyan distribusikan 700 paket sembako murah

id Jelang Natal, Pemkab Seruyan distribusikan 700 paket sembako murah,Pasar murah,Dinas Perdagangan,Kuala pembuang

Jelang Natal, Pemkab Seruyan distribusikan 700 paket sembako murah

Kepala Diskoperindag Seruyan Laosma Purba (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Menjelang perayaan Natal pada 25 Desember 2018 mendatang, Pemerintah Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah, menggelar pasar murah yang dipusatkan di dua kecamatan, yaitu Seruyan Raya dan Seruyan Tengah.



"Pada pasar murah kali ini sebanyak 700 paket kami salurkan di dua kecamatan tersebut dengan sasaran warga kurang mampu," terang Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Seruyan Laosma Purba di Kuala Pembuang, Kamis.



Pasar murah merupakan aktivitas perdagangan komoditi pangan dengan harga yang telah disubsidi pemerintah. Kegiatan ini rutin digelar Pemerintah Kabupaten Seruyan setiap tahun menjelang hari besar keagamaan, seperti Hari Raya Idul Fitri dan Natal.



700 paket ini terbagi menjadi dua, yaitu sebanyak 300 paket disalurkan di Bangkal Kecamatan Seruyan Raya dan 400 paket disalurkan di Rantau Pulut Kecamatan Seruyan Tengah. Penerima paket adalah warga kurang mampu yang sudah didata pemerintah kecamatan.



"Pendataan warga kurang mampu dibantu pemerintah kecamatan dan desa, agar penyalurannya tepat sasaran sehingga benar-benar bermanfaat," paparnya.



Mereka yang sudah didata dan berhak menerima paket diberikan kupon khusus untuk digunakan saat berbelanja. Satu paketnya seharga Rp 100 ribu dan kupon tersebut berfungsi sebagai penanda subsidi pemerintah sebesar Rp 35 ribu.



Satu paketnya terdiri dari enam item, meliputi 5 kg beras, 1 kg gula, 1 liter minyak goreng, satu bungkus kopi, teh dan garam. Pemilihan item disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan subsidinya bersumber dari dana pemerintah provinsi.



Setiap tahunnya lokasi pelaksanaan pasar murah khususnya saat Natal di Seruyan tidak banyak berubah. Mengingat masyarakat di dua kecamatan tersebut paling banyak merayakan Natal dibandingkan daerah lain.



"Selama ini pelaksanaan pasar murah yang kami laksanakan berjalan sukses dan lancar tanpa adanya kendala. Penyaluran paket dilakukan dengan baik menggunakan angkutan darat," terang Laosma.



Berbeda saat Natal, pasar murah jelang Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan dengan lokasi yang berbeda, mengingat masyarakat yang merayakan tersebar di berbagai kecamatan berbeda dengan jumlah cukup merata. Diharapkan kegiatan ini bermanfaat bagi warga kurang mampu dan meringankan beban mereka.