Samsat Seruyan disarankan perluas pelayanan ke pelosok

id Samsat Seruyan disarankan perluas pelayanan ke pelosok,Kuala pembuang,Pajak,Kendaraan bermotor,DPRD Kalteng

Samsat Seruyan disarankan perluas pelayanan ke pelosok

Komisi A DPRD Kalimantan Tengah saat melakukan pertemuan bersama Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kuala Pembuang, Kamis, (13/12/2018). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Berdasarkan evaluasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah, pelayanan sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat) di Kabupaten Seruyan sudah seharusnya diperluas hingga Kecamatan Hanau untuk memudahkan masyarakat.



"Perluasan pelayanan ini melalui pembangunan kantor Samsat pembantu di Kecamatan Hanau, agar penerimaan pajak kendaraan dapat ditingkatkan," kata anggota DPRD Kalimantan Tengah HM Fakhruddin di Kuala Pembuang, Kamis.



Saran itu disampaikannya saat kunjungan kerja Komisi A DPRD Kalimantan Tengah di Seruyan. Kedatangan Komisi A tersebut disambut oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Pemerintah Kabupaten Seruyan Rusnah beserta jajaran.



Saat ini penerimaan pajak kendaraan sudah cukup baik, namun saja dinilai belum optimal. Keberadaan kantor Samsat yang berada di Kuala Pembuang menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat di hulu Seruyan seperti Hanau dan kecamatan lainnya.



"Jarak yang cukup jauh membuat masyarakat kesulitan mengatur waktu jika ingin membayar pajak. Padahal, kendaraan-kendaraan pribadi maupun angkutan untuk usaha lebih banyak berada di wilayah hulu," ujarnya menjelaskan.



Sementara ini pelayanan Samsat keliling tidak dapat dilakukan setiap waktu karena terkendala anggaran yang dimiliki. Diharapkan pembangunan Samsat pembantu di Kecamatan Hanau direalisasikan dalam waktu dekat yaitu pada tahun 2019 mendatang.



Fakhruddin menjelaskan, pemerintah kabupaten dan Samsat merespons positif usulan tersebut. Pihaknya akan mendorong pemerintah provinsi melalui instansi yang membidangi masalah ini agar dapat segera menindaklanjutinya.



Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Pendapatan Daerah Badan Pendapatan Daerah Seruyan Sutejo Wijiasmoro mengatakan, pelayanan Samsat keliling di Seruyan belum bisa dilakukan secara optimal lantaran terbatasnya anggaran yang dimiliki.



"Idealnya pelayanan Samsat keliling dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu bulan, namun karena anggaran kami terbatas hanya mampu dilakukan sebanyak satu kali dalam satu bulan," ungkapnya.



Sumber penerimaan di Seruyan banyak terdapat di Kecamatan Seruyan Tengah dan Hanau, karena banyaknya wilayah perkebunan di dua daerah ini. Namun untuk meningkatkan penerimaan tersebut, diperlukan kegiatan jemput bola melalui Samsat keliling.



Sehingga rencana pembangunan kantor pembantu Samsat di Hanau dinilai tepat untuk mengatasi permasalahan yang selama ini dihadapi pihaknya. Diharapkan hal tersebut benar-benar terealisasi agar penerimaan pajak lebih optimal.



Usai pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Seruyan beserta jajaran, rombongan Komisi A DPRD Kalimantan Tengah, melanjutkan kunjungannya ke Kantor Samsat Kuala Pembuang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Kantor Kecamatan Seruyan Hilir.