Pemkab Barito Utara siapkan lahan untuk bangun asrama mahasiswa

id asrama mahasiswa barito utara,lahan asrama barito utara,universitas palangka raya,mahasiswa barut

Pemkab Barito Utara siapkan lahan untuk bangun asrama mahasiswa

Asrama mahasiswa Barito Utara laki-laki di kawasan Universitas Palangka Raya. (Ist)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng)- Pemerintah Kabupaten Barito Utara, siapkan lahan untuk pembangunan asrama baru untuk mahasiswa asal daerah setempat di Palangka Raya.

"Lahan baru untuk pembangunan asrama mahasiwa  sudah dibeli oleh pemerintah daerah pada 2017 lalu," kata Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara (Barut) H Jainal Abidin di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Jainal, lahan tersebut letaknya tidak jauh dari Universitas Palangka Raya, sehingga kedepannya pemerintah daerah  bisa membangun baru asrama mahasiswa di tanah milik Pemkab Barito Utara sendiri.

"Kita harapkan pembangunan asrama baru ini bisa dibangun secepatnya," katanya.
    
Sekda Jainal mengatakan untuk saat ini pemerintah daerah telah melakukan rehabilitasi asrama mahasiswa setempat di Palangka Raya yang terletak di Jalan Yos Sudarso, namun rehab itu tidak maksimal  karena status lahan merupakan milik Universitas Palangka Raya. 
    
"Kami sudah melaksanakan rehab asrama mahasiswa Barito Utara tersebut pada 2016 lalu," kata dia.
    
Jainal menjelaskan, perbaikan asrama  meliputi enam buah WC beserta kelengkapannya, pembuatan saluran air berupa drainase dari belakang ke depan dan penggantian sebagian jaringan listrik.
    
Selain itu, perbaikan lantai teras depan serta membantu TV led ukuran besar. Pemkab Barito Utara juga merespons usulan pengurus asrama mahasiswa itu guna membiayai langganan koran setiap hari. 
    
Pihaknya sudah beberapa kali membuat surat dan berkoordinasi langsung dengan Universitas Palangka Raya, untuk memohon adanya jaminan pinjam pakai lokasi. Baik jangka menengah dan panjang, sebagai jaminan agar Pemkab Barito Utara dapat melanjutkan rehab berat asrama mahasiswa tersebut.
    
"Namun sampai saat ini, Universitas Palangka Raya belum memberikan jawaban secara tertulis. Karena itu, Pemkab Barito Utara belum melanjutkan rehab berat asrama tersebut," ujar Jainal.