Pilkades serentak besok, masyarakat Kotim diimbau memilih sesuai hati nurani

id Pilkades serentak besok, masyarakat Kotim diimbau memilih sesuai hati nurani,Pemilihan kepala desa,Bupati,Supian Hadi

Pilkades serentak besok, masyarakat Kotim diimbau memilih sesuai hati nurani

Bupati Kotim H Supian Hadi didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kotim Hawianan. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah H Supian Hadi mengimbau seluruh masyarakat desa menggunakan hak pilih dengan baik sesuai hati nurani masing-masing dalam pemilihan kepala desa serentak pada Sabtu (15/12) besok.

"Saya yakin masyarakat sudah sangat cerdas sehingga bisa menilai siapa yang bisa dipercaya menjadi kepala desa untuk memajukan pembangunan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Gunakan hak pilih, jangan golput," kata Supian di Sampit, Jumat.

Pemilihan kepala desa serentak besok akan dilaksanakan di 48 desa di 16 kecamatan. Berdasarkan data, sebanyak 45.035 warga memenuhi syarat untuk menggunakan hak pilihnya dan panitia menyiapkan 120 tempat pemungutan suara untuk menampung suara pemilih.

Supian berharap pemilihan kepala desa serentak berjalan aman, tertib dan lancar. Siapapun yang terpilih merupakan tokoh yang dipilih sebagian besar masyarakat sehingga harus dihargai.

Siapapun pemenangnya harus diterima dengan baik dan yang kalah juga diharapkan legowo. Kepala desa terpilih nantinya harus merangkul semua pihak karena membangun desa memerlukan upaya bersama agar pembangunan berjalan dengan cepat dan lancar.

Supian yakin semua tokoh yang mencalokan diri menjadi kepala desa merupakan figur terbaik dan berkualitas yang memiliki niat tulus yang sama yaitu ingin memajukan pembangunan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Masyarakat bebas memilih siapapun calon yang menurut mereka terbaik dan dapat diandalkan membangun desa. Tidak boleh ada siapa dan pihak manapun yang mengintervensi, apalagi memaksa masyarakat memilih calon tertentu.

Supian mengimbau calon kepala desa dan timnya untuk tidak melakukan tindakan-tindakan melanggar aturan seperti politik uang (money politic) dan memfitnah pihak lain. Masyarakat juga jangan mau terprovokasi oleh hal-hal yang bisa menimbulkan konflik dan memecah belah persatuan.

Berbeda pilihan dalam politik adalah hal wajar dan harus saling menghargai. Perbedaan itu jangan sampai menimbulkan permusuhan di masyarakat karena dampaknya akan merugikan semua pihak.

"Saya berharap pilkades serentak ini berjalan aman dan lancar. Kita harus bersama-sama menjaga keamanan dan kondisi daerah yang kondusif. Kalau daerah tidak aman, kita semua yang rugi. Pembangunan juga tidak bisa dijalankan dengan baik kalau keamanan daerah terganggu," kata Supian.

Supian rencananya akan memantau pelaksanaan pemilihan kepala desa di sejumlah desa di kawasan Utara. Sementara itu Wakil Bupati HM Taufiq Mukri akan memantau pemilihan kepela desa di kawasan Selatan, sedangkan Sekretaris Daerah Halikinnor akan memantau di kawasan tengah dan sekitar kota Sampit seperti Kecamatan Telawang, Mentawa Baru Ketapang, Kotabesi, hingga Cempaga Hulu.