Legislator Kotim ajak masyarakat sukseskan Pilkades serentak

id Legislator Kotim ajak masyarakat sukseskan Pilkades serentak,Kotawaringin Timur,Sampit,DPRD

Legislator Kotim ajak masyarakat sukseskan Pilkades serentak

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Syahbana. (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Syahbana mengajak masyarakat di daerahnya untuk turut menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 48 desa pada Sabtu (15/12) besok.

"Butuh dukungan dan partisipasi masyarakat untuk suksesnya jalannya pelaksanaan pilkades serentak tersebut, baik itu masyarakat desa yang menggelar pemilihan maupun yang tidak," katanya di Sampit, Jumat.

Menurut Syahbana, pelaksanaan pilkades yang dilaksanakan secara serentak di 48 desa yang tersebar di 16 kecamatan tersebut harus sukses dan berjalan dengan tertib serta lancar.  

"Pilkades serentak ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan di Kabupaten Kotawaringin Timur. Jadi, panitia pelaksana telah memiliki pengalaman," tambahnya.

Syahbana juga menekankan agar saat pelaksanaan itu warga desa hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) yang telah disediakan panitia pemilihan. Dengan begitu, maka  tingkat partisipasi pemilih jadi lebih baik.

“Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur telah menetapkan pada 15 Desember 2018 dinyatakan sebagai hari libur bersama, sehingga dengan begitu masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya," ucapnya.

Kehadiran warga desa ke tempat pemungutan suara adalah sebuah indikator penting. Selain itu juga kondusivitas sebelum dan sesudah pelaksanaan pilkades harus berjalan dengan baik.

Politisi Partai Nasdem ini juga menekankan kepada para pendukung calon kepala desa untuk tidak menggunakan cara-cara yang tidak benar untuk meraih kemenangan. Apalagi  sudah mengarah kepada upaya intimidasi dan sejenisnya.

"Para calon kepala desa harus mampu meredam dan mengarahkan pendukungnya untuk tidak bertindak anarkis meski yang didukung nantinya kalah," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Timur, Hawianan menyatakan Pilkades serentak siap digelar sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Berdasarkan laporan pihak panitia pelaksana, ada sebanyak 45.000 lebih pemilih pada pilkades serentak 2018. Dan pemilihan akan digelar di 120 TPS," jelasnya.