Serap aspirasi masyarakat Kotim, kader Partai Berkarya blusukan ke pasar

id Serap aspirasi masyarakat Kotim, kader Partai Berkarya blusukan ke pasar,Pemilu,Kotawaringin Timur,PPM,Sampit

Serap aspirasi masyarakat Kotim, kader Partai Berkarya blusukan ke pasar

Kader Partai Berkarya berbincang dengan pedagang di Pusat Perbelanjaan Mentaya Sampit, Minggu (16/12/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Puluhan kader Partai Berkarya Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, mendadak blusukan ke sejumlah pasar dengan tujuan memantau kondisi transaksi di pasar, sekaligus menyerap aspirasi masyarakat, khususnya terkait ketersediaan kebutuhan pokok.

"Ini terkait stabilitas pertumbuhan dan pemerataan. Kami ingim mengetahui stabilitas harga di pasar, sekaligus sebagai bahan bagi Partai Berkarya untuk merumuskan kebijakan ke depan terkait bagaimana stabilitas harga, khususnya bahan pokok agar stabil dan bisa dijangkau oleh masyarakat yang paling bawah," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Berkarya Kotawaringin Timur Suhaidin Abdullah didampingi Sekretaris Partai Berkarya Endra Rosana di Sampit, Minggu.

Dua pasar yang dikunjungi adalah Pusat Perbelanjaan Mentaya Sampit dan Pasar Desa Pelangsian. Puluhan kader yang sebagian merupakan calon anggota legislatif langsung menyebar berkeliling pasar sambil berbincang singkat dengan pedagang dan pembeli.

Kehadiran para kader partai direspons positif masyarakat. Beberapa warga bahkan dengan senang hati ikut berfoto bersama rombongan.

Menurut Suhaidin, sebagai partai baru dan kader-kader baru, kesempatan ini memang sekaligus untuk mengenalkan diri kepada masyarakat. Langkah ini juga sekaligus mengajak masyarakat menggunakan hak pilih pada pemilu legislatif 17 April 2019 nanti.

Secara internal, kata Suhaidin, ketahanan pangan dan stabilitas harga kebutuhan pokok memang menjadi perhatian serius partainya. Bidang ini sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat, khususnya kelompok masyarakat menengah ke bawah.

Ketersediaan dan distribusi kebutuhan pokok sangat penting agar harga tetap stabil sehingga daya beli masyarakat meningkat. Dampaknya, perputaran uang di masyarakat kecil semakin tinggi sehingga membawa peningkatan terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Ini juga untuk mendorong petani sayur dan peternak untuk lebih bersemangat mengembangkan usahanya karena sarapan hasil panen mereka tinggi lantaran daya beli masyarakat juga tinggi," tambah Suhaidin.

Disinggung soal pemilu legislatif, Suhaidin mengatakan, pesta demokrasi itu sepenuhnya menjadi hak rakyat. Dia yakin rakyat akan memilih dengan cerdas partai dan calon anggota legislatif yang dapat memperjuangkan aspirasi mereka.

Partai Berkarya turun ke masyarakat bukan karena ada agenda pemilu. Ketahanan pangan dan stabilitas harga kebutuhan pokok memang menjadi prioritas wajib yang diperjuangkan untuk masyarakat.

Jika nantinya kader Partai Berkaya dipercaya menjadi wakil rakyat atau anggota legislatif, maka mereka sudah tahu apa saja prioritas yang diperjuangkan untuk membantu masyarakat. Ekonomi kerakyatan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat akan menjadi perhatian serius untuk terus didorong peningkatannya.

Sementara itu, Rahmat, salah seorang pembeli merespons kegiatan itu. Menurutnya, kegiatan seperti itu positif bagi masyarakat sebagai sosialisasi untuk mengenali banyak calon anggota legislatif.

"Lebih baik seperti ini karena bisa langsung bertemu dan mendengar aspirasi masyarakat, dibanding kampanye hura-hura mendatangkan artis. Masyarakat juga bisa lebih mengenal siapa saja calon anggota legislatif masing-masing partai," ujar Rahmat.