Pekerja PT Maju Aneka Sawit deklarasikan perang melawan narkoba

id Pekerja PT Maju Aneka Sawit,perang lawan narkoba,narkotika,Musim Mas Group,polres kotim

Pekerja PT Maju Aneka Sawit deklarasikan perang melawan narkoba

Manajemen dan karyawan PT Maju Aneka Sawit bersama jajaran Polres Kotim menyampaikan salam khas pemberantasan narkoba, Senin (17/12/2018). (Foto dokumentasi PT MAS)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Komitmen tinggi ditunjukkan manajemen dan pekerja perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Maju Aneka Sawit yang beroperasi di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, dalam mendukung pemberantasan narkoba dan menciptakan lingkungan perusahaan bersih dari narkoba.

Perusahaan yang bernaung di bawah Musim Mas Group ini sengaja menggandeng Polres Kotawaringin Timur untuk mengoptimalkan pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan perusahaan. Komitmen yang kuat juga ditunjukkan pekerja perusahaan dengan menggelar deklarasi memerangi narkoba dengan motto 'say no to drugs'.

"Ini sebagai bentuk keseriusan kami dari manajemen dan pekerja perusahaan untuk mencegah narkoba masuk ke perusahaan kami. Kami tidak ingin ada keluarga besar perusahaan kami yang mengonsumsi maupun terlibat peredaran narkoba," tegas General Manager PT Maju Aneka Sawit, Supriadi saat kegiatan, Senin.

PT Maju Aneka Sawit menggelar sosialisasi bahaya dan pencegahan narkoba dengan menghadirkan narasumber dari Satuan Reserse Narkoba Polres Kotawaringin Timur yaitu Ipda Budiman dan Bripda Nita pada Senin (17/12). Acara yang dihadiri ratusan pekerja dan masyarakat ini diisi pembacaan dan penandatanganan deklarasi perang melawan narkoba oleh pekerja dan manajenen PT Maju Aneka Sawit.

Supriadi menegaskan, perusahaan tidak akan memberi toleransi sedikitpun terhadap pekerja yang menggunakan maupun terlibat narkoba. Perusahaan juga tidak akan ragu memberi sanksi tegas bagi pekerja pengguna maupun terlibat narkoba.

Jika ada pekerja yang terlibat narkoba, sanksi tegas pasti diberikan, yaitu pemutusan hubungan kerja atau PHK tanpa syarat. Ketegasan itu wujud komitmen PT Maju Aneka Sawit untuk menciptakan lingkungan perusahaan bersih dari narkoba.
Ratusan karyawan PT Maju Aneka Sawit dan masyarakat saat deklarasi perang melawan narkoba, khususnya di lingkungan perusahaan setempat, Senin (17/12/2018). (Foto dokumentasi PT MAS)


Semangat yang sama juga disampaikan pekerja. Mereka berkomitmen mencegah diri terlibat narkoba dan bersama-sama mencegah serta memerangi narkoba agar lingkungan PT Maju Aneka Sawit bersih dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Kami sepakat menjaga agar narkoba tidak bisa masuk ke lingkungan perusahaan ini. Kami juga mencegah agar tidak ada satupun karyawan yang terjerat narkoba karena akan menimbulkan dampak negatif bagi diri sendiri maupun karyawan lainnya," tegas Harles Lubis, salah satu petugas keamanan perusahaan yang mewakili pekerja.

Komitmen dan inisiatif PT Maju Aneka Sawit dalam mencegah dan memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba, diapresiasi Polres Kotawaringin Timur. Langkah ini patut menjadi teladan bagi perusahaan lainnya, setidaknya dalam menciptakan lingkungan perusahaan sendiri bersih dari narkoba.

"Kami menyambut positif dan salut atas inisiatif perusahaan yang berkomitmen kuat ikut memerangi narkoba dan ikut mengampanyekan 'Say no to drug'. Kami berharap manajemen dan pekerja dapat membentengi diri dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba di lingkungan perusahaan," harap Budiman.

Sosialisasi ini dinilai sangat penting dan memang sudah seharusnya dilakukan. Saat ini peredaran narkoba di Kotawaringin Timur sudah sangat memprihatinkan karena menyasar hampir semua status sosial dan kelompok umur, bahkan peredarannya kini hingga kawasan pelosok, termasuk di areal perkebunan kelapa sawit.

Pengguna narkoba biasanya cenderung tidak produktif lagi. Jika ada pekerja yang mengonsumsi narkoba maka kinerjanya pasti akan menurun sehingga merugikan diri sendiri dan perusahaan yang mempekerjakannya.