Wakili Kalteng, Kotim raih penghargaan Anugerah Kencana

id Wakili Kalteng, Kotim raih penghargaan Anugerah Kencana,BKKBN,KB,Keluarga Berencana,Ellena Rosie

Wakili Kalteng, Kotim raih penghargaan Anugerah Kencana

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kotawaringin Timur Hj Ellena Rosie. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Kabupaten Kotawaringin Timur yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah di tingkat nasional, berhasil meraih penghargaan Anugerah Kencana tahun 2018 atas prestasinya dalam pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB).

"Ada kabar menggembirakan yang ingin saya sampaikan. Kotawaringin Timur akan menerima penghargaan Anugerah Kencana. Penyerahannya dilaksanakan di Jakarta pada 23 Desember nanti, akan diterima oleh Bupati H Supian Hadi," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kotawaringin Timur Hj Ellena Rosie di Sampit, Selasa.

Kabar gembira itu disampaikan Rosie saat peresmian Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Baamang sebagai Kampung KB Percontohan pertama tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Informasi itu langsung disambut tepuk tangan undangan yang hadir.

Berdasarkan undangan yang diterima pemerintah daerah, disebutkan bahwa ada lima gubernur dan sejumlah bupati/wali kota yang akan menerima penghargaan tersebut. Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi menjadi salah satu bupati yang diundang untuk hadir menerima penghargaan itu.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana memang serius dalam menjalankan program KB. Capaian itu terukur dari terus meningkatnya kepesertaan KB, termasuk kalangan pria.

Program KB menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan keluarga berkualitas melalui pengendalian jumlah kelahiran penduduk. Dengan terkendalinya kelahiran, tingkat kemampuan keluarga dalam memenuhi kebutuhan akan makin meningkat.

Kotawaringin Timur juga gencar menjalankan program Kampung KB. Sejak tahun 2016 hingga 2018 ini, Kotawaringin Timur sudah membentuk 33 Kampung KB di sejumlah kecamatan. 

Komitmen inilah yang membuat kabupaten ini mendapat penghargaan Anugerah Kencana tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang diserahkan puncak peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat tahun 2018 yang dilaksanakan di Desa Kenyala Kecamatan Telawang pada 3 Mei 2018 lalu.

"Capaian ini tentu menjadi kebahagiaan bagi kita masyarakat Kotawaringin Timur. Kami berharap dukungan semua pihak melalui sinergitas yang baik agar semua berjalan dan berhasil sesuai harapan kita semua," ujar Rosie.

Sementara itu, Wakil Bupati HM Taufiq Mukri mengatakan, capaian ini merupakan buah dari kerja keras semua pihak. Prestasi ini harus menjadi motivasi untuk bekerja dan berbuat lebih baik lagi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Atas nama kepala daerah, saya merasa bersyukur karena prestasi Anugerah Kencana yang berhasil kita raih tahun ini. Itu merupakan akumulasi kemenangan dari berbagai macam lomba terkait program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) yang berhasil diraih," demikian Taufiq.