Polres Seruyan pastikan keamanan di jalur rawan

id Polres Seruyan pastikan keamanan di jalur rawan,Kapolres,Zamora Ginting,Kuala Pembuang

Polres Seruyan pastikan keamanan di jalur rawan

Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting (tengah) saat meninjau pos pengamanan yang berada di jalur Trans Kalimantan Km 65 Bangkal, Seruyan Raya, Senin (24/12/2018). (Foto Polres Seruyan)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Kepolisian Resor (Polres) Seruyan, Kalimantan Tengah, memastikan keamanan di sejumlah jalur rawan yang cukup padat dilalui pengendara, khususnya selama musim libur Natal dan akhir tahun.

"Salah satu yang menjadi prioritas kami adalah di jalur Trans Kalimantan km 65 Bangkal. Jalur ini memiliki kepadatan cukup tinggi dan rawan terjadi kecelakaan," kata Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting di Kuala Pembuang, Senin.

Untuk pengamanan, di jalur ini dibangun satu buah pos yang difungsikan selama Operasi Lilin Telabang tahun 2018. Untuk memastikan kesiapannya, pihaknya bersama jajaran melakukan peninjauan langsung ke lapangan.

Pos pengamanan ini dijaga oleh tim gabungan yang terdiri dari personel Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya. Mereka secara bergantian berjaga di pos pengamanan untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengendara yang melintas di kawasan tersebut.

Pos pengamanan juga dibangun di Simpang Hanau dan Stadion Gagah Lurus, Kuala Pembuang. Selain itu satu buah pos pelayanan juga dibangun di kawasan Sungai Bakau yang merupakan objek wisata andalan Seruyan.

"Meski tim gabungan bertugas selama 24 jam, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, masyarakat diminta berhati-hati dan taat aturan saat berkendara maupun meninggalkan rumahnya," terangnya.

Ramon mengimbau masyarakat yang meninggalkan rumah saat berlibur ke luar kota, terlebih dulu memberitahukan kepergiannya kepada tetangga, ketua RT maupun pihak kepolisian. Tujuannya agar rumah yang ditinggalkan tetap terjaga dan terjamin keamanannya.

Meskipun rumah yang ditinggalkan dalam keadaan kosong, namun tetap ada warga sekitar yang membantu mengawasinya. Selain itu pihaknya juga meningkatkan pengawasan melalui patroli keliling secara rutin.

"Melalui berbagai upaya ini, kami yakin keamanan dan kenyamanan masyarakat Seruyan akan terjaga selama natal dan akhir tahun mendatang," tegas Ramon saat melakukan peninjauan pos pengamanan.

Berdasarkan perkiraan pemerintah kabupaten, akan ada belasan ribu pengunjung yang datang ke Pantai Sungai Bakau pada saat libur awal tahun 2019. Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya berjanji mengawal semua kegiatan yang dilaksanakan dengan menugaskan sejumlah anggotanya bersama instansi terkait lainnya.