Tim gabungan berpatroli pastikan keamanan pelaksanaan ibadah Natal di Sampit

id Tim gabungan berpatroli pastikan keamanan pelaksanaan ibadah Natal di Sampit,Gereja,Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit,Polsek Ketapang,Kadek

Tim gabungan berpatroli pastikan keamanan pelaksanaan ibadah Natal di Sampit

Kapolsek Ketapang AKP I Kadek Dwi Yoga bersama Camat dan Danramil setempat, memantau situasi di salah satu gereja di Sampit, Senin (24/12/2018). (Foto Istimewa)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Tim gabungan Polri, TNI dan pemerintan daerah, melakukan patroli ke gereja-geraja yang melaksanalan ibadah Natal untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah Natal.

"Situasi terpantau aman terkendali. Kami mengimbau seluruh masyarakat supaya kita bersama-sama menjaga situasi agar tetap kondusif," kata Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Mohammad Rommel melalui Kapolsek Ketapang AKP I Kadek Dwi Yoga di Sampit, Senin.

Polres Kotawaringin Timur beserta jajarannya di seluruh Polsek menjamin keamanan masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah dan merayakan Natal. Polsek Ketapang yang membawahi wilayah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang di pusat Kota Sampit, menjadi perhatian serius karena cukup banyak gereja di daerah ini.

Setiap gereja dijaga tim gabungan personel Polri, TNI dan pemerintah daerah. Selain itu, tim gabungan lainnya juga berpatroli ke gereja-gereja untuk memantau perkembangan situasi pelaksanaan ibadah, sekaligus mencegah terjadinya hal tidak diinginkan.

Kadek bersama Danramil, Camat Mentawa Baru Ketapang, serta personel Polsek Ketapang dan Koramil, melakukan patroli ke gereja-gereja. Suasana aman dan kondusif, termasuk pada sore dan malam saat umat Kristen memadati gereja untuk melaksanakan ibadah Natal.

Gereja yang disambangi tim patroli gabungan yaitu Gereja Alfa Omega, Eka Sinta, Gunung Hermon, Maranatha, Don Bosco, YHS, G. Rock, Parapah km 6 serta Gereja Filadelpia. Tim berkoordinasi dengan petugas-petugas yang disiagakan melalukan pengamanan di setiap gereja.

"Patroli terpadu ini dalam rangka monitoring kegiatan ibadah Natal. Kegiatan juga dilakukan komunikasi dengan personel yang melaksanakan pengemanan beserta kesiapan dan situasi selama ibadah berlangsung, komunikasi dan ucapan hari raya kepada umat di gereja," kata Kadek.

Pengamanan ketat dan kehadiran polisi di gereja, disambut positif para jamaat setempat. Meski yakin situasi berlangsung aman dan lancar, namun langkah itu dianggap penting karena sebagai upaya pencegahan.

Masyarakat Kotawaringin Timur sangat cinta damai dan memiliki toleransi tinggi dalam kehidupan beragama. Masyarakat selalu bersama-sama menjaga situasi daerah agar tetap aman dan kondusif.

Kadek mengimbau masyarakat selalu kompak dan menjaga persatuan. Masyarakat diingatkan jangan mudah terprovokasi dan jangan mau diadu-domba oleh hal yang bisa memecah belah persatuan masyarakat.