Taman Kota Sampit dilengkapi CCTV cegah kejahatan

id Taman Kota Sampit dilengkapi CCTV cegah kejahatan,Kotim,Kotawaringin Timur,Ahmad Sarwo Oboy ,Kamera Tersembunyi

Taman Kota Sampit dilengkapi CCTV cegah kejahatan

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kotawaringin Timur Ahmad Sarwo Oboy. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Taman Kota Sampit yang merupakan alun-alun Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, kini dilengkapi kamera tersembunyi atau CCTV (closed circuit television) yang dipasang di tempat-tempat strategis untuk pemantauan.

"Ada 13 titik yang kami pasangi kamera CCTV. Saat ini masih uji coba dan hasilnya cukup bagus untuk memantau semua sudut Taman Kota Sampit," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kotawaringin Timur Ahmad Sarwo Oboy di Sampit, Selasa.

Pemasangan CCTV untuk mencegah kejahatan. Harapannya, pelaku kejahatan akan mengurungkan niatnya melakukan kejahatan setelah mengetahui Taman Kota Sampit dilengkapi kamera tersembunyi karena tindakannya pasti akan terekam jelas.

Selain itu, pemasangan CCTV juga bertujuan untuk pengamanan aset yang ada di taman tersebut. Kini jika ada yang merusak atau mencuri berbagai aset apapun yang ada di Taman Kota Sampit maka akan terekam jelas di CCTV sehingga pelakunya akan mudah diketahui dan ditangkap.

Keberadaan CCTV juga diharapkan dapat mencegah niat pengunjung yang berpikiran melakukan tindakan negatif di taman itu, seperti mabuk-mabukan maupun berbuat mesum. Kamera tersembunyi yang memantau setiap sudut taman akan merekam semua kejadian di taman tersebut.

Pemasangan CCTV bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kotawaringin Timur. Hal itu karena dinas tersebut memang membidangi dan memiliki sumber daya manusia lebih memadai di bidang teknologi.

"Jadi, jangan berpikir macam-macam atau melakukan tindakan yang aneh-aneh di Taman Kota Sampit. Semua akan terekam oleh CCTV yang sudah dipasang di berbagai sudut. Selain untuk tujuan keamanan, ini juga demi kenyamanan pengunjung," tegas Oboy.

Disinggung soal keluhan pengunjung bahwa kawasan Taman Kota Sampit cukup gelap, Oboy tidak menampiknya. Pihaknya sudah merencanakan menambah penerangan melalui anggaran tahun 2019 nanti. 

Tidak hanya itu, pihaknya juga berencana memasang lampu warna-warni untuk menambah keindahan Taman Kota Sampit saat malam hari. Taman ini merupakan salah satu tempat yang cukup diminati masyarakat untuk bersantai bersama keluarga maupun berolahraga.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kotawaringin Timur Multazam mendukung pemasangan CCTV di Taman Kota Sampit. Perangkat itu diperlukan agar semua kejadian di taman itu terpantau dan terekam.

"Kami hanya membantu dalam hal teknis, untuk selanjutnya itu dijalankan oleh Disperkim. Ini sudah seharusnya dilakukan untuk pemantauan dan kepentingan evaluasi untuk pengelolaannya," kata Multazam.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kotawaringin Timur sudah lebih dulu memasang CCTV di objek wisata ikon Jelawat. Ada enam kamera tersembunyi dipasang di objek wisata yang terletak di pinggir Sungai Mentaya tersebut.