Kecamatan wajib terapkan skala prioritas supaya pembangunan tepat sasaran

id Peringatkan kecamatan buat skala prioritas pembangunan tepat sasaran,Seruyan,Kuala Pembuang,Wakil bupati,Iswanti

Kecamatan wajib terapkan skala prioritas supaya pembangunan tepat sasaran

Wakil Bupati Seruyan Iswanti (tengah) saat mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah Hanau beberapa waktu lalu. (Foto Protokol Pemerintah Kabupaten Seruyan)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menginstruksikan seluruh pemerintah kecamatan membuat skala prioritas pembangunan yang benar-benar sesuai kebutuhan masyarakat.

"Kami meminta seluruh pemerintah kecamatan membuat skala prioritas pembangunan yang disesuaikan kebutuhan masyarakat. Tujuannya agar pembangunan yang nantinya dilaksanakan tepat sasaran dan memberi dampak positif terhadap kehidupan masyarakat," kata Wakil Bupati Seruyan Iswanti di Kuala Pembuang, Rabu.

Pemerintah kecamatan diminta menginventarisasi setiap kebutuhan masyarakat di kelurahan dan desa, hingga menentukan mana yang menjadi prioritas untuk diusulkan kepada pemerintah kabupaten.

Pemerintah kecamatan harus mampu bersinergi dengan pemerintah kelurahan dan desa, agar penyusunan skala prioritas pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Inventarisasi harus dilakukan menyeluruh, meliputi sektor kesehatan, pendidikan maupun pembangunan infrastruktur penunjang yakni jalan dan jembatan.

"Sinergitas setiap jenjang pemerintahan sangat penting dalam menentukan skala prioritas pembangunan agar setiap kegiatan yang dilakukan pemerintah nantinya benar-benar menyentuh kebutuhan dan memacu peningkatan taraf hidup masyarakat," paparnya.

Dalam beberapa waktu terakhir, pemerintah kabupaten secara berkala mengunjungi langsung setiap kecamatan, guna melihat kehidupan masyarakat dan mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan mereka yang belum terpenuhi.

Kunjungan kerja ini dilakukan Bupati dan Wakil Bupati Seruyan secara bergantian didampingi perwakilan setiap organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Biasanya sasaran kegiatan adalah unit pelayanan kesehatan di kecamatan serta sekolah.

Selain itu dalam setiap kunjungannya, selalu digelar pertemuan dengan tokoh masyarakat dan pihak terkait lainnya, sebagai wadah menjalin silahturami serta penyampaian keluh kesah kepada pemerintah kabupaten.

"Kami ingin mengetahui kebutuhan masyarakat di setiap kecamatan, termasuk diantaranya di pelosok perdesaan. Agar apa saja yang menjadi kesulitan mereka selama ini dapat diselesaikan dan tidak menghambat jalannya pembangunan kedepannya," terang Iswanti.

Tujuan lainnya agar pemerintah kabupaten memiliki data riil tentang kebutuhan masyarakat sehingga dapat disesuaikan dengan skala prioritas pembangunan yang nantinya diusulkan pemerintah kecamatan. Agar apa yang diusulkan dapat dievaluasi kembali serta benar-benar sesuai kepentingan masyarakat.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar