KPU Seruyan tingkatkan kesadaran demokrasi melalui Rumah Pintar Pemilu

id kabupaten seruyan,kpu seruyan,rumah pintar pemilu kpu seruyan,Ketua KPU Seruyan,Agus Sukron Ma'mun

KPU Seruyan tingkatkan kesadaran demokrasi melalui Rumah Pintar Pemilu

Sekretaris Daerah Seruyan Haryono (kanan) bersama Ketua KPU Kalimantan Tengah Harmain Ibrohim (kiri) saat meresmikan Rumah Pintar Pemilu KPU Seruyan, Kuala Pembuang, Rabu, (26/12/2018). (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

semakin banyak masyarakat yang menilai pemilu bukanlah hal yang penting
Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mengoptimalkan keberadaan Rumah Pintar Pemilu di Jalan Untung Suropati, Kuala Pembuang, meningkatkan kesadaran masyarakat setempat terhadap pentingnya demokrasi.

Apabila kesadaran berdemokrasi di kalangan masyarakat meningkat, maka pemilu legislatif maupun presiden pada tahun 2019 terlaksana dengan sukses dan lancar, kata Ketua KPU Seruyan Agus Sukron Ma'mun di Kuala Pembuang, Rabu.

Peresmian Rumah Pintar Pemilu KPU Seruyan tersebut turut dihadiri Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim, Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan Haryono, unsur Forum Komunikasi Pemerintah Daerah, perwakilan organisasi perangkat daerah serta partai politik.

Agus mengatakan Rumah Pintar Pemilu berfungsi sebagai tempat mencari informasi seputar pemilu hingga pembelajaran politik tentang sejarah pelaksanaan pemilu di daerah.

"Kami mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar memanfaatkan keberadaan rumah pintar pemilu secara optimal," ucapnya.

Tujuan utama didirikannya rumah ini, agar meningkatnya partisipasi masyarakat pada pelaksanaan pemilu legislatif dan presiden pada tahun 2019 mendatang. Sehingga semua pihak menyadari pentingnya berdemokrasi dan terlibat secara langsung dalam proses pemilihan wakil rakyat maupun kepala daerah.

"Kami ingin masyarakat datang dan memanfaatkan keberadaan rumah ini, guna meningkatkan pemahaman mereka tentang politik, demokrasi serta hakikat mengenai pemilu," kata Agus.

Sekretaris Daerah Seruyan Haryono menjelaskan, pendirian Rumah Pintar Pemilu sangat tepat sebagai sarana penunjang untuk mengedukasi masyarakat dan memberikan pemahaman yang tepat tentang tata cara berdemokrasi di Indonesia.

"Apalagi seiring berjalannya waktu semakin banyak masyarakat yang menilai pemilu bukanlah hal yang penting. Hal ini harus segera dicegah agar masyarakat yang mengabaikan demokrasi di Indonesia jumlahnya semakin berkurang," paparnya kepada awak media.

Rumah ini cukup strategis mendorong pemilih pemula untuk semangat dan aktif dalam pelaksanaan pesta demokrasi di daerahnya. KPU Seruyan harus bisa menjalin kerjasama dengan sekolah, guna menyediakan jadwal khusus yang digunakan pelajar untuk datang dan berkunjung.

Ia mengharapkan, keberadaan rumah ini benar-benar mampu mendorong peningkatan kesadaran masyarakat untuk terlibat dalam pesta demokrasi. Sehingga jumlah pemilih golongan putih (golput) dapat dientaskan menjadi seminim mungkin.