Raker LPT-IK Gumas diharapkan mampu menghasilkan keputusan yang berkualitas

id Raker LPT-IK Gumas,Bupati Gumas Arton S Dohong,Raker LPT-IK diharapkan mampu menghasilkan keputusan yang berkualitas,Rapat Kerja LPT-IK Gumas,Hindu K

Bupati Gumas Arton S Dohong saat berfoto bersama peserta Rapat Kerja ke-1 LPT-IK Kabupaten Gumas tahun 2018, di Aula Kantor Kemenag setempat, Jumat (28/12/18) sore. (Foto Antara Kalteng/Jemmy Kamis)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan (LPT-IK) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah melaksanakan rapat kerja ke-1 tahun 2018, yang mengambil tema optimalisasi LPT-IK dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) di Kabupaten setempat.

"Pelaksanaan rapat kerja (raker) ini untuk menentukan langkah terbaik, dan menghasilkan keputusan yang berkualitas, serta program kerja yang membawa manfaat besar bagi LPT-IK Kabupaten Gumas, khususnya bagi umat Hindu Kaharingan pada umumnya," kata Bupati Gumas Arton S Dohong, Jumat (28/12/18).

Ia mengatakan, raker ke-1 LPT-IK tersebut juga berfungsi sebagai forum evaluasi dan konsolidasi untuk memantapkan langkah kedepan, sehingga mampu peningkatan pemahaman umat, khususnya secara mental spritual. Selain itu, sebagai sarana komunikasi, sosialisasi pengembangan FTIK, serta motor penggerak pembinaan umat.

"Kami ingin penyelenggaraan raker tersebut berjalan tertib, aman, lancar, dan demokratis, dengan tetap menjunjung tinggi semangat kebersamaan, 'Penyang Hinje Simpei Paturung Umba Tamburak'," katanya.

Selama ini, lanjut dia, pemerintah sangat menaruh perhatian kepada segenap komponen LPT-IK tingkat kabupaten maupun kecamatan yang bersama umat Kaharingan di daerah ini telah membina dan memelihara kondisi kehidupan yang penuh kebersamaan, kesetiakawanan, kejujuran, dan tanggung jawab.

"Kondisi demikian perlu diwujudkan, mengingat itu sangat diperlukan bagi keberhasilan kita dalam memperjuangkan cita-cita hidup masyarakat yang sejahtera lahir batin," tandas Arton.

Sementara itu, Ketua Panitia Ilwis mengatakan, raker ke 1 LPT-IK tahun 2018 ini bertujuan untuk mengkoordinasikan pengembangan strategis kegiatan FTIK, merumuskan penguatan dan legalitasi LPT-IK yang terverifikasi, meningkatkan mutu penyelenggaraan FTIK pada setiap jenjang, merumuskan konsep buku pedoman, serta menyusun dan menetapkan proritas program strategis LPT-IK masa bakti 2019-2020.

"Dalam pelaksanaan raker ini diikuti oleh peserta sebanyak 64 orang, terdiri dari unsur pengurus LPT-IK kecamatan se Kabupaten Gumas, unsur pengurus LPT-IK kabupaten, dan panitia sekaligus menjadi peserta aktif," demikian Ilwis.

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar