Kadin Kotim gandeng perbankan permudah kredit untuk pelaku UMKM

id Kadin Kodim gandeng perbankan bantu permudah kredit untuk pelaku UMKM,Kamar Dagang dan Industri,Bank Kalteng,Kotawaringin Timur,Susilo,Kadin Kotim gan

Kadin Kotim gandeng perbankan permudah kredit untuk pelaku UMKM

Pengurus Kadin Kotawaringin Timur dan petinggi Bank Kalteng saat berkunjung ke beberapa sentra UMKM di Sampit, Sabtu (29/12/2018). (Foto Istimewa)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, menggandeng perbankan untuk bersama-sama membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), khususnya dalam hal kemudahan bantuan kredit modal.

"Saat ini kami lakukan dengan Bank Kalteng. Nantinya akan ada MoU (nota kesepakatan) antara Bank Kalteng dengan Kadin Kotawaringin Timur terkait kredit usaha rakyat bagi pelaku UMKM," kata Ketua Kadin Kotawaringin Timur, Susilo di Sampit, Minggu.

Kadin sangat serius membantu pengembangan sektor UMKM. Kendala yang dihadapi pelaku UMKM umumnya terkait permodalan, sementara untuk kemampuan mereka untuk mengankses pinjaman kredit ke bank terkadang terkendala kurangnya informasi maupun kendala lainnya.

Untuk itulah Kadin berusaha membuat terobosan menggandeng perbankan dengan tujuan mendapatkan kemudahan membantu pelaku UMKM mendapatkan pinjaman modal melalui program kredit usaha rakyat (KUR).

Kadin akan menjembatani pelaku UMKM dengan perbankan agar semakin mudah mendapatkan pinjaman. Untuk itu, seluruh pelaku UMKM diajak bergabung secara resmi dan menjadi anggota Kadin, apalagi aturan memang mengarahkan seperti itu.

Kadin sudah menjalin komunikasi yang baik dengan Bank Kalteng. Kedua belah pihak memiliki komitmen yang sama untuk membantu pengembangan UMKM Kotawaringin Timur karena sektor ini bersentuhan langsung dengan masyarakat kecil dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi kerakyatan.

Susilo dan pengurus Kadin lainnya bersama Direktur Bank Kalteng Yayah Diasmono dan Kepala Bank Kalteng Cabang Sampit Tajudinnor Asra, berkunjung ke beberapa sentra UMKM di Sampit pada Sabtu (29/12). Mereka berdialog untuk mengetahui secara langsung kondisi dan kendala yang dihadapi pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha.

Kadin mendorong Bank Kalteng menjadi "bapak angkat" UMKM Kotawaringin Timur untuk membantu peningkatan sektor tersebut. Apalagi sebagai bank milik pemerintah daerah, sudah seharusnya Bank Kalteng lebih memperhatikan pelaku UMKM lokal.

"Itu semua dalam rangka untuk meningkatkan pembinaan UMKM. Harapan kami Bank Kalteng akan mempermudah penyaluran kredit melalui program KUR bagi pelaku UMKM," harap Susilo.

Menurut Susilo, potensi pengembangan UMKM di Kotawaringin Timur masih sangat besar. Kadin terus berusaha merangkul seluruh pelaku usaha, termasuk pelaku UMKM agar bisa terus berkembang.

Banyak manfaat bagi pelaku usaha dengan bergabung menjadi anggota Kadin. Melalui organisasi ini, berbagai kendala yang dihadapi pelaku usaha akan diupayakan solusinya sehingga pengembangan usaha bisa terus dilakukan. Kadin menjadi wadah bagi seluruh pelaku usaha, tanpa membedakan jenis, bentuk maupun skala kemampuan pelaku usaha tersebut.