Manchester City berhasil paksa Liverpool rasakan kekalahan perdana

id manchester city,liverpool,kekalahan perdana

Manchester City berhasil paksa Liverpool rasakan kekalahan perdana

Pemain Manchester City Gabriel Jesus (tengah) melakukan selebrasi bersama rekannya Leroy Sane dan Bernardo Silvas setelah berhasil membuat gol pertama untuk timnya ke gawang Everton dalam laga minggu ke-17 Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Sabtu (15/12/2018). (ANTARA FOTO/Reuters-Andrew Yates/hp).

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Manchester City berhasil memaksa Liverpool merasakan kekalahan perdana dalam Liga Inggris musim ini dengan memetik kemenangan 2-1 di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, saat kedua tim bertemu untuk laga pekan ke-21 pada Jumat pagi WIB.

Leroy Sane melengkapi gol pembuka Sergio Aguero untuk membawa City menang setelah sempat disamakan oleh Roberto Firmino, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Inggris.

Hasil itu membuat City kini mengoleksi 50 poin dan kembali ke peringkat kedua dengan menggusur Tottenham Hotspur (48) sembari memangkas jarak dari Liverpool (54) menjadi tersisa empat poin saja.

Bagi Liverpool hasil itu membuat catatan tak terkalahkan yang mereka miliki dalam 20 pertandingan pertama Liga Inggris musim ini berakhir, sebaliknya City yang sempat menelan dua kekalahan beruntun kini kembali ke jalur positif dengan memetik kemenangan di dua laga terakhir.

Liverpool lebih dulu menciptakan peluang berbahaya pada menit ke-17 saat Sadio Mane berusaha menaklukkan kiper Ederson Moraes yang meninggalkan sarangnya, namun bola membentur tiang gawang dan upaya John Stones berhasil menyapu bola tepat di garis gawang.

Namun permainan berjalan cukup imbang hingga akhirnya tuan rumah justru membuka keunggulan lebih dulu saat Bernardo Silva menyisir sisi sayap kiri sebelum melepaskan umpan tarik yang berhasil dikendalikan oleh Aguero melewati Dejan Lovren dan diakhiri tendangan keras yang tak memberikan kiper Alisson Becker kesempatan pada menit ke-40. City satu, Liverpool nol.

Skor itu bertahan hingga turun minum, yang membuat City memulai babak kedua dengan tingkat kesabaran lebih saat menguasai bola.

Tim tamu akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-64 saat umpan lambung Trent Alexander-Arnold berhasil disambut dan diteruskan ke muka gawang oleh Andy Robertson yang dengan mudah ditanduk oleh Firmino.

Akan tetapi, skor imbang tak bertahan lama, delapan menit kemudian City kembali memimpin saat Raheem Sterling melesat ke pertahanan Liverpool sebelum ia melepaskan umpan tarik yang tanpa cela diselesaikan Sane.

Upaya Liverpool menumpuk sejumlah pemain di sepertiga akhir lapangan tak kunjung membuahkan hasil, malah Aguero hampir saja mematikan pertandingan lebih awal pada menit ke-82, namun percobaan triknya mengecoh Alisson berhasil dihentikan sang kiper.

Dua menit kemudian Mohamed Salah mengakhiri serangan balik Liverpool dengan tembakan terarah, namun Ederson menepisnya di area tiang jauh.

Pada menit terakhir waktu normal Xherdan Shaqiri melakukan salah umpan yang hampir dibayar mahal Liverpool, bola direbut Bernardo Silva yang melepaskan tembakan dan dihalau Alisson sebelum sambaran Sterling atas bola muntah melenceng dari sasaran.

Skor 2-1 bertahan hingga wasit Anthony Taylor meniup peluit tanda laga berakhir.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Inggris:

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Danilo, John Stones, Vincent Kompany (Nicolas Otamendi), Aymeric Laporte (Kyle Walker); Bernardo Silva, Fernandinho, David Silva (Ilkay Guendogan); Raheem Sterling, Sergio Agueo, Leroy Sane
Pelatih: Pep Guardiola

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum (Daniel Sturridge), Jordan Henderson, James Milner (Fabinho); Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane (Xherdan Shaqiri)
Pelatih: Juergen Klopp