Wakil bupati minta masyarakat Bartim jaga kerukunan antara umat beragama

id Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh Al Qadry ,masyarakat Bartim jaga kerukunan antara umat beragama

Wakil bupati minta masyarakat Bartim jaga kerukunan antara umat beragama

Wakil Bupati Barito Timur, Habib said Abdul Saleh Al Qadry (kanan) menyematkan Satyalencana Karya Satya kepada salah satu pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur di acara Hari Amal Bakti ke-73 di Tamiang Layang, Kamis (3/1/19). (Foto Antara Kalteng/Habibullah).

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh Al Qadry memerintahkan seluruh aparatur sipil negara di kabupaten berjuluk "Bumi Nansarunai - Jari Janang Kalalawah" itu, baik dari instansi vertikal maupun horizontal untuk bersama-sama menjadi pemersatu umat beragama.

"Jadi pemersatu, perangkai, penjalin dan perajut kebangsaan dengan teladan dalam kesederhanaan, kejujuran dan keikhlasan memberi amal bakti kepada segenap warga negara tercinta," kata Habib Saleh usai peringatan Hari Amal Bakti ke-73 Kementerian Agama Republik Indonesia di Tamiang Layang, Kamis.

Selain itu, Saleh juga meminta agar seluruh umat beragama di wilayah Kabupaten Barito Timur untuk bersatu dan bersama-sama merawat kerukunan dan kebersamaan serta menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan.

Dia menilai, saat adanya pelaksanaan pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden, maka akan banyak isu-isu yang berbau politik identitas bahkan isu agama menyebar dengan mudah. Maka perlu ada antispasi agar kehidupan bersosial banhsa tidak terganggu.

"Saat ini tahun politik, dimana ada agenda pemiilihan umum legislatif dan pemulihan umum presiden dan wakil presiden Republik Indonesia. Mari senantiasa menebarkan energi positif kebersamaan," katanya lagi.

Pria yang akrab dipanggil Saleh itu mengharapkan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Barito Timur bisa menjadi penyejuk saat berlangsungnya pemilu di tahun 2019 ini.

Saat ini era digitalisasi informasi semakin canggih, jika dibawa bersamaan dengan isu politik identitas maka akan cepat mendapat respon dari masyarakat secara umum.

Untuk itu, seluruh instansi lintas sektoral yang menangani masalah agama perlu meningkatkan kerjasama dan kebersamaan pada masa akan datang, agar Kabupaten Barito Timur tetap aman dan damai.

Antisipasi perlu dilakukan sejak saat ini agar masyarakat semakin cerdas dan mengedepankan bekersamaan dalam kebhenikaan yang ada sejak dulu. Jika ada permasalahan, kiranya bisa diselesaikan secara bijaksana.

"Kedamaian, ketentraman dan kebersamaan yang telah terjalin, patut terus dipupuk agar selamanya bisa terjaga dan harmonis dalam kehidupan bersosial dan berbangsa. Ini tugas kita semua aparatur sipil negara yang ada di Kabupaten Barito Timur," katanya.

Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh Al Qadry menjadi inspektur upacara peringatan Hari Amal Bakti ke-73 Kementerian Agama Republik Indonesia yang diselenggarakan di Kantor Kementerian Agama setempat di Tamiang Layang.

Sekda Bartim Eskop didampingi Perwira Penghubung 1012/Buntok Mayor Rikon Hadi, Kabag Ren Kompol H Budi mewakili Kapolres Bartim, Kasi Intel Arief Zein mewakili Kejari Bartim dan beberapa kepala satuan kerja perangkat daerah ikut hadir dalam acara yang berjalan hikmat itu.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar