Hyundai dan Kia alami pelemahan penjualan di AS

id hyundai,kia,pelemahan penjualan,di as

Hyundai dan Kia alami pelemahan penjualan di AS

Iluistrasi - Logo Kia dan Hyundai. (wreg.com)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Penjualan produk otomotif Korea Selatan dari Hyundai dan Kia melemah di Amerika Serikat pada 2018, kendati terdapat banyak permintaan untuk model kendaraan sport (SUV), menurut data industri, Kamis (3/1) waktu setempat.

Dilansir Yonhap, Jumat, Hyundai menjual 677.946 kendaraan di Amerika pada tahun lalu, turun 1,1 persen dari tahun sebelumnya.

Angka tersebut sudah termasuk penjualan dari sedan Genesis atau merek mewah Hyundai lainnya, yang penjualannya juga lesu sepanjang 2018. Kendati demikian, penjualan model SUV mereka melonjak sampai 42 persen.

Penjualan SUV Tucson, Kona dan kendaraan listrik Ioniq menguat di sela-sela pelemahan kinerja model sedan Sonata dan Elantra.

Tucson melonjak 32 persen pada Desember, memperbarui catatan bulanan selama 22 bulan berturut-turut. Hyundai juga menjual lebih dari 8.000 Kona pada bulan lalu, naik 39 persen dari tahun sebelumnya.

Kia, produsen mobil terbesar kedua Korea Selatan, menjual sebanyak 589.763 unit, atau naik 0,1 persen dari tahun sebelumnya, dengan distribusi model SUV Sportage dan Sorento masing-masing naik 13,7 persen dan 8,2 persen.