Legislator sebut hoax kian 'merajalela' jelang Pemilu 2019

id DPRD Palangka Raya,Sugianor,Legislator sebut hoax kian 'merajalela' jelang Pemilu 2019

Legislator sebut hoax kian 'merajalela' jelang Pemilu 2019

Ilustrasi - Hoax. (Ist/net)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sugianor mengingatkan kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan sebuah berita yang sumber dan kridebilitasnya masih diragukan, terutama menjelang Pemilu 2019

"Karena berita bohong mengenai pemilu di media sosial (medsos) banyak bertebaran. Saya harapkan masyarakat jangan sampai mudah terprovokasi dengan berita yang kebenarannya masih diragukan," kata Sugianor saat dihubungi di Palangka Raya, Jumat. 

Walaupun masyarakat yang berada di Kota Palangka Raya sudah pintar dalam memilah informasi mana yang benar maupun yang tidak benar, para wakil rakyat pun terus mengingatkan warganya agar tidak mudah terbawa arus berita bohong. 

Sebab, dengan adanya berita bohong yang bertebaran di media sosial baik seperti facebook  instagram dan twitter, sudah sangat membahayakan stabilitas keamanan daerah serta negara, terutama menjelang pemilu 2019.

Baca juga: Hoax SARA ancaman serius demokrasi Indonesia

Maka dari itu, aparat kepolisian harus gencar melakukan penyelidikan serta menindak tegas bagi pelaku penyebar berita bohong, yang selama ini selalu membuat resah masyarakat Kalimantan Tengah, terutama Kota Palangka Raya. 

"Seperti berita bohong yang ramai jadi perbincangan masyarakat, yaitu tentang tujuh kontainer surat suara dari China yang sudah di coblos yang ditemukan di Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta," ucapnya. 

Ia berharap, warganya yang bermukim di wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah tidak ikut-ikutan terpengaruh dengan berita-berita bohong di medsos, apalagi sampai ikut menyebarkan berita tidak benar itu ke halayak umum. 

Baca juga: Polda Kalteng terus berupaya antisipasi berita hoax di medsos

Selanjutnya, apabila ada tindakan pelanggaran maupun kecurangan di Pemilu 2019, masyarakat diminta untuk melaporkan ke Bawaslu maupun aparat kepolisian setempat, kalau memang ada unsur tindak pidananya. 

"Semoga saja oknum-oknum pelaku yang ingin membuat kacau Pemilu 2019 dari segala bidang, bisa segera ditindak tegas oleh aparat yang berwajib. Namun saya yakin pemilu tahun ini akan berjalan lancar dan tidak ada gangguan seperti yang kita khawatirkan," tandas Sugianor yang juga Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Palangka Raya tersebut.