Popularitas Windows 7 kalahkan Windows 10

id Windows 7, windows 10, popularitas windows

Popularitas Windows 7 kalahkan Windows 10

Berikan gratis Windows 10, Microsoft perkenalkan kacamata hologram (ANTARANEWS/Ardika) (Ist)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Sistem operasi terbaru buatan Microsoft, Windows 10, menjadi OS yang paling populer untuk perangkat komputer, mengalahkan pendahulunya Windows 7.



Menurut data dari Net Applications, yang dikutip laman The Verge, Windows 10 menguasai market share OS untuk desktop sebesar 39,22 persen, sementara Windows 7 sebanyak 36,9 persen, berdasarkan data per Desember 2018. Windows 10 mencapai posisi tersebut setelah 3,5 tahun rilis.



Sementara itu, Windows 7, yang diperkenalkan sekitar 10 tahun yang lalu, akan dihentikan pada 7 Januari 2020.



Microsoft semula menargetkan Windows 10 akan dipasang di satu miliar perangkat dalam tiga tahun setelah dirilis, namun, target tersebut belum tercapai. Salah satu sebabnya, Windows Phone, sistem operasi untuk perangkat mobile, tidak mendukung dan sudah dihentikan.



Windows 10 saat ini terpasang di 700 juta perangkat, termasuk komputer, tablet, ponsel dan konsol gim Xbox One.



Microsoft sebenarnya sudah gencar mengajak konsumen untuk beralih ke Windows terbaru, antara lain dengan mengadakan program memperbarui OS secara gratis dan kampanye "PC does what" yang menargetkan komputer yang sudah berusia empat hingga lima tahun.



Pencapaian baru ini, seperti diberitakan laman tersebut, menunjukkan bahwa Microsoft masih harus meyakinkan konsumen mereka untuk beralih ke Windows 10.



Windows mengalami tantangan serupa ketika peralihan Windows XP ke Windows 7 hingga mereka perlu mengeluarkan perbedaan biaya jika menggunakan kedua sistem operasi tersebut setelah Windows 7 dirilis.