Sociedad berhasil pecundangi Real Madrid

id Sociedad,real madrid,liga spanyol

Sociedad berhasil pecundangi Real Madrid

Karim Benzema dan Gareth Bale frustrasi saat Real Madrid bertanding melawan Levante. (AFP/Gabriel Bouys)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Real Sociedad sukses mempecundangi Real Madrid di muka publik Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, dengan meraih kemenangan 2-0 dalam laga pekan ke-18 Liga Spanyol, Senin dini hari WIB.

Kemenangan itu diraih Sociedad lewat penalti Willian Jose di awal laga yang kemudian dilengkapi Ruben Pardo tujuh menit jelang waktu normal rampung, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Spanyol.

Hasil itu menjadi awal yang manis bagi Sociedad yang kini ditangani pelatih anyar Imanol Alguacil.

Sebaliknya bagi Madrid, tim besutan Santiago Solari itu membuka tahun 2019 dengan hasil satu kali imbang dan sekali kalah.

Akibatnya, Madrid harus rela turun ke peringkat kelima klasemen dengan catatan 30 poin, sedangkan Sociedad (22) melompat ke urutan ke-11.

Pertandingan baru dimulai ketika serangan pertama Sociedad berbuah tendangan penalti lantaran aksi individual nan memukau dari Mikel Merino melewati sejumlah pemain Madrid diakhiri dengan pelanggaran buruk Casemiro di dalam kotak penalti.

Willian Jose yang jadi algojo melepaskan tendangan keras ke tengah gawang demi membawa Sociedad unggul 1-0 pada menit ketiga.

Madrid berusaha membalas namun keputusan Junior Vinicius untuk melakukan tendangan ungkit ketimbang sepakan keras masih bisa diantisipasi kiper Geronimo Rulli sebelum bola disapu oleh Ahien Munoz.

Kendati Madrid terus menyerang kedudukan 1-0 bagi tim tamu tak berubah hingga turun minum.

Madrid kembali memasuki babak kedua dengan ambisi menyamakan kedudukan, namun peluang Lucaz Vazquez pada menit ke-48 masih terhalau barisan pertahanan Sociedad.

Dua menit kemudian Sociedad justru berpeluang menggandakan keunggulan lewat Andre Oyarzabal, yang disusul peluang Adnan Januzaj menit ke-53, namun keduanya gagal.

Upaya Madrid menyamakan kedudukan kian berat lantaran Vazquez menerima kartu kuning kedua dan diusir dari lapangan oleh wasit Jose Montero setelah melanggar Merino pada menit ke-61.

Publik tuan rumah semakin tak percaya dengan nasib buruk timnya lantaran wasit Jose Montero mengabaikan jatuhnya Vinicius oleh jegalan Rulli pada menit ke-63 di dalam kotak penalti.

Dua menit kemudian Rulli melakukan penyelamatan penting atas percobaan sundulan Sergio Ramos.

Lantas pada menit ke-79 Vinicius kembali memperoleh peluang saat menusuk ke dalam sebelum melepaskan tembakan melengkung yang sayangnya masih tipis melenceng dari sasaran.

Empat menit kemudian petaka bagi Madrid benar-benar semakin nyata lantaran Pardo, yang baru merumput sejak menit ke-73 menggantikan Merino, sukses menggandakan keunggulan Sociedad setelah berdiri bebas untuk menanduk umpan silang Willian Jose di area tiang jauh.

Skor 2-0 bagi tim tamu bertahan hingga peluit tanda laga usai terdegar di Santiago Bernabeu.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Spanyol:

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo (Reguilon); Luka Modric, Casemiro (Isco), Toni Kroos (Dani Ceballos); Lucas Vazquez, Karim Benzema, Junior Vinicius
Pelatih: Santiago Solari

Real Sociedad (4-2-3-1): Geronimo Rulli; Aritz Elustondo (Joseba Zaldua), Diego Llorente, Hector Moreno, Ahien Munoz (Igor Zubeldia); Asier Illarramendi, Zurutuza; Adnan Januzaj, Mikel Merino (Ruben Pardo), Mikel Oyarzabal; Willian Jose
Pelatih: Imanol Alguacil