Gubernur usulkan nama jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama diganti

id provinsi kalimantan tengah,kalteng,gubernur kalteng,sugianto sabran,jalan pangkalan bun-kolam,abdulah zainie

Gubernur usulkan nama jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama diganti

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran memberikan keterangan terkait usulan pergantian nama jalan Pangkalan Bun-Lotawaringin Lama di Pangkalan Bun, Selasa (8/1/19). (Foto Antara Kalteng/Koko Sulistyo)

Pangkalan Bun (Antaranews Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengusulkan nama jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat diganti menjadi Abdullah Zainie.

Usulan pergantian tersebut sebagai bentuk penghargaan terhadap sosok almarhum mantan Wakil Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI periode 2004 -2009, kata Sugianto usai mendampingi rombongan anggota V BPK RI berziarah dan tabur bunga di makam Abdullah Zainie, di TPU Sekip, Selasa.

"Mengingat bahwa mantan Wakil BPK RI, Abdullah Zainie merupakan salah satu tokoh terbaik di Kotawaringin Barat, maka nama beliau akan kita abadikan sebagai nama salah satu jalan lintas provinsi dan kabupaten," ujarnya.

Orang nomor satu di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu menegaskan, pemberian nama jalan tersebut diusulkan oleh istri Abdullah Zainie, yang meminta nama suaminya diabadikan menjadi salah satu nama ruas jalan di Kobar.

Namun sebelum meresmikan nama ruas jalan tersebut, Gubernur terlebih dahulu akan berkoordinasi dan membahas terkait hal itu dengan Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, dengan kepala daerah setempat serta melibatkan tokoh masyarakat.

"Sejatinya jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama akan diberi nama Jalan Sugianto Sabran, namun insyaallah melalui pak Sekda jalan tersebut akan kita beri nama Jalan Abdullah Zainie menggantikan nama jalan Iskandar yang sudah ada," imbuhnya.

Pemberian nama ruas jalan tersebut atas nama Abdullah Zainie merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada tokoh nasional, tokoh Kalteng dan tokoh Kabupaten Kobar yang telah turut andil dalam pembangunan di Republik Indonesia.

Baca juga: Gubernur sebut almarhum Abdulah Zainie jadi panutan bagi Kalteng

Untuk diketahui bahwa ruas jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama merupakan akses penting yang menghubungkan Kabupaten Kotawaringin Barat dengan Kabupaten Sukamara dan Lamandau serta menuju Provinsi Kalimantan Barat.

Saat ini ruas jalan sepanjang hampir 43 kilometer tersebut sedang digenjot pengerjaannya melalui dana multy years. Bahkan Gubernur bersama Dinas PUPR Kalteng sehari sebelum kunjungan BPK RI terlebih dahulu melaksanakan kunjungan kerja untuk memantau dan melihat sejauh mana progres pengerjaan jalan Pangkalan Bun - Kolam, khususnya pengerjaan jembatan fly over yang digadang - gadang bakal mengatasi banjir yang kerap melanda jalan tersebut.

Baca juga: Sosok almarhum Abdulah Zainie jadi inspirasi membangun Lamandau, kata Bupati