Kinerja perangkat desa ikut menentukan capaian pembangunan

id Kinerja perangkat desa ikut menentukan capaian pembangunan,Barito Selatan ,Barsel,Kepala desa,Edi Kristianto

Sekretaris Daerah Barito Selatan, Edi Kristianto.(Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Sekretaris Daerah Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Edi Kristianto mengatakan, perangkat desa merupakan ujung tombak yang ikut menentukan dalam memajukan pembangunan daerah, khususnya di desa masing-masing.



"Karena, perangkat desa merupakan kepanjangan tangan pemerintah daerah serta sebagai kunci penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa," kata Edi di Buntok, Selasa.



Perangkat desa merupakan orang yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di desanya masing-masing. Peran perangkat desa sangat strategis dalam membina masyarakat untuk bersama-sama membangun daerah.



Pemerintah daerah melaksanakan berbagai kegiatan untuk menambah wawasan dan sumber daya manusia agar perangkat desa bisa menjalankan tugas dan fungsinya, dengan baik



"Dengan memiliki kemampuan dan pengetahuan, perangkat desa mampu mengelola desanya masing-masing menjadi lebih maju lagi," kata Edi.



Keberadaan seorang sekretaris desa juga tidak kalah penting karena tugas utamanya membantu menjalankan pemerintahan desa. Mereka harus bisa mengatur manajemen administrasi pemerintahan desa.



Edi menambahkan, pada 2019 ini pihaknya juga kembali melaksanakan berbagai pelatihan bagi sekretaris desa dan perangkat desa dalam upaya terus meningkatkan sumber daya manusia.



"Itu semua dilakukan agar pelayanan publik yang diberikan perangkat desa dapat lebih maksimal lagi dan pembangunan di desa bisa terus mengalami kemajuan," demikian Edi Kristianto.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar