Pengembangan wisata di Palangka Raya butuh dukungan pihak ketiga

id dprd palangka raya,pengembangan pariwisata,wisata palangka raya,dinas pariwisata,pihak ketiga

Pengembangan wisata di Palangka Raya butuh dukungan pihak ketiga

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Subandi. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Subandi,MAP mengatakan pengembangan wisata di kota setempat memerlukan dukungan pihak ketiga.

"Untuk mempercepat pengambagan wisata, pihak terkait lainnya juga harus berkomitmen terlibat dalam menyukseskan program pemerintah kota. Hal itu bisa terwujud dengan keterlibatan dan dukungan pihak ketiga," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Pihak ketiga dimaksud seperti sektor swasta, badan usaha milik negara (BUMN), badan usaha milik daerah serta unsur perbankkan.

"Selain keterlibatan pihak ketiga, dari unsur pemerintah kota sendiri yakni antar SOPD juga harus menjalin sinergitas dalam program kerja," kata Subandi.

Menurut polisiti Golkar itu, selama ini pengembangan sektor pariwisata sudah cukup bagus. Namun, belum adanya sinergitas program kerja antara SOPD membuat upaya tersebut belum maksimal.

"Kedepannya harus ada koordinasi antar SOPD diruang lingkup pemerintahan kota," kata Subandi yang kembali mencalonkan diri sebagai wakil rakyat pada Pemilu 2019.

Dia mencontohkan diantara bentuk sinergitas program tersebut seperti membentuk satu kawasan pengembangan wisata yang pembangunannya dilakukan beberapa SOPD namun tetap sesuai wewenang instansi tersebut.

"Misal objek di Sei Gohong yang akan dipugar. Dinas Binamarga menyiapkan jalan, Dinas pariwisata menyiapkan sarana di lokasi, dinas lingkungan hidup menyiapkan konsep penghijauan. Bagitu juga seterusnya," katanya.

Di sisi lain, Subandi pada 2019 ini Dinas Pariwisata memaksimalkan evaluasi capaian kinerja 2018.

"Evaluasi kembali secara detail dan mendalam apa saja yang belum maksimal ditahun lalu agar bisa dimaksimalkan tahun ini," katanya.