10 kota tersehat di dunia, salah satunya di Indonesia

id denpasar,kota tersehat,tersehat di dunia

10 kota tersehat di dunia, salah satunya di Indonesia

Ilustrasi - Perlengkapan Spa. (Pixabay)

Denpasar (Antaranews Kalteng) - Kota Denpasar masuk sebagai 10 kota tersehat di dunia dari penilaian yang dilakukan Travel Supermarket berdasarkan beragam aspek penilaian dan menjadi satu-satunya kota di Indonesia.

Kabag Humas dan Protokol Kota Denpasar Dewa Gede Rai di Denpasar, Kamis, menguraikan daftar 10 besar kota tersehat menurut Travel Supermarket yakni, urutan satu di tempati Kota Paris Perancis, posisi kedua Chiang Mai Thailand, posisi ketiga Barcelona Spanyol, posisi keempat Pattaya Thailand, posisi kelima Vancouver Kanada, posisi keenam Miami AS, posisi ketujuh San Francisco AS, posisi delapan Lisbon Portugal, posisi sembilan Denpasar Indonesia, dan posisi 10 Buenos Aires Argentina.

Ia menyebutkan dalam menyusun daftar ranking ini, Travel Supermarket memanfaatkan beragam sumber data seperti kelompok peneliti pasar Euromonitor International, TripAdvisor, Yelp hingga World Weather and Climate.

Travel Supermarket juga memiliki beberapa aspek penilaian sebagai tolak ukur kesehatan dalam sebuah kota. Beberapa aspek yang menjadi penilaian adalah jumlah taman atau ruang terbuka hijau, jumlah gym atau pusat kebugaran.

Selain itu, Travel Supermarket juga menilai jumlah Spa, studio yoga dan studio pilates yang terdapat pada kota yang dinilai.

Tak hanya itu, makanan juga menjadi aspek penilaian penting dalam menyusun daftar 10 kota tersehat di dunia ini. Terkait makanan, "Travel Supermarket" menilai jumlah toko makanan sehat dan restoran dengan opsi vegan di tiap kota.

Travel Supermarket lalu membandingkan data tersebut dengan ukuran luas kota untuk mengetahui angka densitas per kilometer persegi. Tak hanya itu, tim analisa juga memperhitungkan jumlah paparan matahari per tahun dan rata-rata harga untuk menginap di hotel.

Setelah melakukan beragam analisis data, Travel Supermarket membuat daftar 50 kota tersehat di dunia. Dari seluruh kota yang ada, Paris berhasil memuncaki peringkat teratas.

Sementara itu, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab mengatakan bahwa ini merupakan pencapaian yang membanggakan, tidak saja bagi pemerintahan kota, tetapi juga bagi publik Denpasar bahkan kebanggaan Indonesia.

Ia mengatakan pencapaian ini tentu tidak bisa terlepas dari kerja keras Pemerintahan Kota Denpasar yang terus menerus menata kotanya agar memberikan rasa nyaman kepada publiknya, terutama inovasi-inovasi kultural yang dihasilkan telah ikut menyehatkan publiknya seperti penataan taman kota dan sungai yang mengalir di tengah kota.