Legislator Kotim minta kepala desa kurangi perjalanan dinas

id Legislator Kotim minta kepala desa kurangi perjalanan dinas,Dana desa,Kotawaringin Timur,DPRD,Syahbana

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Syahbana. (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Syahbana meminta kepala desa di daerah itu untuk mengurangi perjalanan dinas dan lebih fokus bekerja membangun desa.

"Kami ingin kepala desa benar-benar melaksanakan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) yakni melaksanakan serta menjalankan pemerintahan desa dengan baik dan benar," katanya di Sampit, Jumat.

Syahbana berharap kepala desa menggunakan dana desa untuk kepentingan dan pembangunan desa. Untuk itu, kegiatan kurang penting seperti perjalanan dinas dan sebagainya harus dikurangi.

"Jika tidak benar-benar penting, sebaiknya tidak perlu melakukan perjalanan dinas. Lebih baik dana tersebut dipergunakan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa," tambahnya.

Syahbana menyarankan penggunaan dana desa benar-benar untuk pembangunanan fisik dan mengurangi kegiatan nonfisik.

"Kami ingin kepala desa memperbanyak pembangunan fisik, seperti pembangunan infrastruktur jalan untuk membuka keterisolasian desa itu sendiri," terangnya.

Menurutnya, tujuan dana untuk memajukan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga harus diperhatikan agar kepala desa bisa menggunakan dana tersebut sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan.

Dana desa diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

Selain itu, dana desa juga untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan yang bersifat lintas bidang, antara lain bidang kegiatan produk unggulan desa atau kawasan perdesaan, badan usaha milik desa atau BUMDes, pembuatan embung, sarana olahraga desa dan lainnya sesuai dengan kewenangan desa.

"Hal itu yang harus dilakukan dalam penggunaan dana desa sehingga berimplementasi langsung dengan masyarakat. Dengan begitu, desa akan semakin maju," ucapnya. 


Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar