Akademisi diminta tingkatkan keterlibatan dalam pembangunan daerah

id Wakil wali kota palangka raya, akademisi,pembangunan daerah

Foto Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Umi Mastikah meminta kalangan akademisi meningkatkan keterlibatannya dalam pembangunan daerah.

"Kami juga minta akademisi dan universitas yang ada di Palangka Raya bersinergi dengan pemerintah kota demi kemajuan dan percepatan pembangunan," kata Umi di Palangka Raya, Sabtu.

? Umi mengatakan, sinergitas program universitas dan akademisi itu dapat difokuskan dalam beberapa hal salah satunya upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Nanti agar bisa bersinergi dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat di Kota Palangka Raya. Ini sesuai visi misi kami, yakni untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM di bidang pendidikan," katanya.

Diantara sumbangsih dan sinergitas yang bisa dilakukan kalangan universitas dan akademisi ialah dengan melakukan penelitian sesuai kondisi dan keperluan daerah.

Sehingga, lanjut dia, hasil penelitian yang telah dilakuan bisa menjadi dasar atau pertimbangan pemerintah kota dalam menyusun serta menentukan kebijakan yang akan diambil.

Pernyataan itu diungkapkan wali kota wanita pertama di "Kota Cantik" itu usai menghadiri pelantikan Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya periode 2019-2023 yang dijabat oleh Dr Sonedi.

"Terkait acara pelantikan ini, kami segerap jajaran pemerintah kota mengucapkan selamat kepada Dr Sonedi. Semoga mampu membawa universitas swasta terbaik di Kalimantan ini semakin maju dan berkualitas," kata Umi.

Sementara itu, Rektor UM Palangka Raya Dr Sonedi mengaku siap bekerja sama dan membantu pemerintah dalam pembangunan daerah.

"Tentunya kami siap bekerja sama dengan pemerintah daerah di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah termasuk Kota Palangka Raya sebagai bentuk keterlibatan universitas dalam pembangunan dan pengabdian terhadap masyarakat," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar