Dapat Rp100 juta, petugas kebersihan dijanjikan Rp500 juta bonus Adipura Kencana

id Dapat Rp100 juta, petugas kebersihan dijanjikan Rp500 juta bonus Adipura Kencana,Bupati,Kotim,Kotawaringin Timur,Supian Hadi,Dinas Lingkungan Hidup,Sa

Dapat Rp100 juta, petugas kebersihan dijanjikan Rp500 juta bonus Adipura Kencana

Petugas kebersihan antre bergantian untuk berfoto dengan Bupati H Supian Hadi sambil memegang piala Adipura yang berhasil diraih untuk kelimakalinya, Rabu (16/1/2019). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah memberikan bonus Rp100 juta kepada petugas kebersihan sebagai apresiasi atas kontribusi besar mereka sehingga daerah ini berhasil kembali meraih piala Adipura setelah tiga tahun terakhir gagal diraih.

"Tanpa ada peran seluruh petugas kebersihan dan pertamanan dari beberapa unsur, tidak mungkin piala Adipura ini kembali diraih. Mereka ujung tombak di lapangan. Tak kalah penting pula adalah meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Rabu.

Piala Adipura ke lima disambut di Bandara H Asan Sampit, kemudian diarak berkeliling Kota Sampit oleh pejabat dan ratusan petugas kebersihan dari berbagai unsur sebagai bentuk kegembiraan dan terima kasih atas dukungan masyarakat. Acara dilanjutkan dengan syukuran dan hiburan di halaman kantor bupati.

Sebelumnya, piala Adipura itu diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Bupati H Supian Hadi dalam acara penganugerahan Adipura di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat pada Senin (14/1) lalu.

Bagi Kabupaten Kotawaringin Timur, ini merupakan piala Adipura ke lima yang berhasil diraih. Empat piala Adipura diraih dimasa kepemimpinan Bupati H Supian Hadi dan Wakil Bupati HM Taufiq Mukri yang kini memimpin pemerintahan periode kedua.

Sebelumnya, Kotawaringin Timur meraih piala Adipura untuk Sampit sebagai kota kecil terbersih, yakni tahun 1997, 2012, 2013 dan 2014. Kembali diraihnya piala bergengsi di bidang lingkungan ini menjadi kebanggaan bagi pemerintah daerah dan masyarakat Kotawaringin Timur.

Supian menyampaikan terima kasihnya atas sinergitas yang baik seluruh satuan organisasi perangkat daerah dan masyarakat dalam menjaga lingkungan. Kesadaran kekompakan ini sangat penting agar kebersihan dan kesehatan lingkungan selalu terjaga.

Kesuksesan meraih piala Adipura menjadi kebanggaan bagi pemerintah daerah. Namun Supian menegaskan bahwa piala itu bukan tujuan akhir karena yang terpenting adalah menggugah kesadaran dan pola pikir masyarakat untuk dengan kesadaran sendiri menjaga kebersihan lingkungan.

Pemerintah mengupayakan menjaga kebersihan lingkungan dengan mengerahkan petugas kebersihan serta membuat regulasi terkait pengelolaan lingkungan, khususnya sampah. Perlu dukungan masyarakat agar semua yang direncanakan tersebut berjalan dengan baik sesuai harapan.

Supian menegaskan piala Adipura ini diraih sesuai aturan. Tidak ada kecurangan yang dilakukan pemerintah daerah dalam prosesnya. Semua merupakan hasil penilaian tim penilai yang melihat kebersihan Kota Sampit atas hasil kekompakan pemerintah daerah dan masyarakat.

Jika seluruh masyarakat sudah menyadari pentingnya kebersihan lingkungan, Supian yakin piala Adipura akan kembali diraih tahun ini. Bahkan dia menantang seluruh petugas kebersihan dan masyarakat bersama-sama meningkatkan kebersihan sehingga berhasil meraih piala Adipura Kencana pada tahun 2020 nanti.

"Ini bukan mustahil. Kalau kita semua serius dan kompak, Insya Allah itu bisa kita raih. Kita harus mampu meraih piala Adipura Kencana pada tahun 2020 yang penyerahannya dilakukan pada 2021," ujar Supian, disambut tepuk tangan dan teriakan semangat ratusan petugas kebersihan.

Sekretaris Daerah Halikinnor mengatakan, bonus Rp100 juta yang diberikan kepada petugas kebersihan merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah daerah. Harapannya, petugas kebersihan semakin termotivasi menjalankan tugas secara optimal dan menyadarkan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan.

"Kalau nanti mampu meraih Adipura Kencana, bonus akan kami naikkan menjadi Rp500 juta. Tapi kalau tetap hanya bertahan di piala Adipura, bonusnya paling hanya dinaikkan menjadi Rp150 juta. Mari kita bahu membahu menjaga kebersihan lingkungan kita agar Sampit dan Kotawaringin Timur ini makin bersih, sehat dan nyaman sehingga tekad menjadikan daerah tujuan wisata bisa tercapai," ujar Halikinnor.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotawaringin Timur H Sanggul Lumban Gaol berterima kasih atas dukungan seluruh instansi dan masyarakat sehingga piala Adipura berhasil kembali diraih.

"Ini capaian dan keberhasilan kita semua karena kalau cuma kami sendiri pasti tidak akan bisa. Kami mengajak mari kita tingkatkan lagi karena penilaian Adipura 2019 sudah dekat. Dan yang terpenting, tujuan ini semua adalah agar tercipta lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman," demikian Sanggul.