Palangka Raya raih penghargaan Kampung Iklim Utama

id pemko palangka raya,penghargaan,kampung iklim utama

Palangka Raya raih penghargaan Kampung Iklim Utama

Lurah Kalampangan memperlihatkan sertifikat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup Kategori Kampung Iklim Utama.(Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup kategori program Kampung Iklim Utama.

"Alhamdulaillah, Pemerintah Kota Palangka Raya tepatnya Kelurahan Kalampangan berhasil meraih penghargaan tingkat nasional di bidang lingkungan berupa program Kampung Iklim Utama," kata Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah, Kamis.

Pihaknya pun berharap penghargaan tersebut bisa menjadi pemicu semangat kelurahan lain dalam pemanfaatan dan pengelolaan lingkungan secara ramah.

Pernyataan itu diungkapkan Umi usai Wali Kota wanita pertama di "Kota Cantik" itu menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Lurah Kalampangan.

Lurah Kalampangan, Hadi Suwandono mengungkapkan, pada 2018 wilayahnya mewakili Kota Palangka Raya dalam usulan wilayah yang melakukan pengelolaan lingkungan secara ramah.

Hadi mengatakan, penghargaan tersebut menjadikan Kota Palangka Raya masuk dari 33 wilayah di Indonesia yang mendapat penghargaan Kampung Iklim Utama.

"Tahun lalu ada tim penilai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan akhirnya kita berhasil masuk kategori program Kampung Iklim Utama. Ini menjadi kebanggan bagi kami dan akan menjadi pemacu dalam pengelolaan lingkungan yang ramah," katanya.

Program Kampung Iklim atau Proklim merupakan program nasional yang diinisiasi Kementerian LHK sebagai upaya adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim.

Pola yang diterapkan ialah berbasis partisipasi aktif masyarakat dan semua pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK), yang dimulai dari tingkat tapak seperti RT, RW, dusun, desa atau kelurahan.

"Masyarakat di Kalampangan itu sendiri telah mampu memanfaatkan lingkungan rumah menjadi kawasan hijau yang produktif, bernilai ekonomi, bersih serta sehat," katanya.

Dia mengatakan, masyarakat kalampangan yang sebagian besar mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan, telah mampu menjalankan usahanya dengan tetap mengedepankan ramah lingkungan.

"Sampai akhirnya di tahun 2018, Kalampangan dinilai mempu menjalankan program ProKlim oleh Kementerian LHK. Semoga apa yang di dapat masyarakat Kalampangan dapat menjadi pilot project yang dapat diikuti keluraha lainnya," kata Hadi.