DPRD ingin Pemkab Bartim terapkan e-Government seperti Yogyakarta

id DPRD Bartim,Pemkab Bartim,Ariantho S Muler,DPRD ingin Pemkab Bartim terapkan e-Government,DPRD ingin Pemkab Bartim terapkan e-Government seperti Yogya

Bupati Bartim Ampera AY Mebas (lima dari kiri) bersama Wakil Ketus I DPRD Bartim Ariantho S Muler bersama anggota DPRD lainnya foto bersama Sekda Kota Jogja, Dra RR Titik Sulastri saat kunjungan kaji banding terkait penerapan Perda tentang e-Government, Rabu (16/1/19). (Foto DPRD Bartim)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - DPRD Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah mengiginkan penerapan e-Government atau pemerintahan elektronik di kabupaten berjuluk "Jari Janang Kalalawah" itu seperti Pemerintah Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Oleh karena itu dipilihnya Kota Yogyakarta sebagai tempat kaji banding untuk menyerap informasi, saran dan kritikan serta catatan-catatan dalam penerapan e-Government nantinya," kata Wakil Ketua I DPRD Barito Timur Ariantho S Muler saat dihubungi di Tamiang Layang, Kamis.

Menurut politisi PKPI itu, Kota Yogyakarta jadi pilihan karena telah mendapatkan penghargaan dari Menteri Komunikasi  dan Informatika Republik Indonesia pada tahun 2018, karena telah menerapkan e-Government sejak tahun 2015.

Tentu pengalaman dalam penerapan pemerintahan elektronik menjadi informasi berharga yang bisa menjadi panduan bahkan acuan dalam penerapannya nanti di Kabupaten Barito Timur.

Pelaksanaan e-Government di Kabupaten Barito Timur menjadi sebuah keharusan. Karenanya, perlu langkah serius dan maksimal agar program pemerintahan elektronik tersebut bisa menjadi gerbang keterbukaan informasi kepada masyarakat.

Selain itu, DPRD Barito Timur juga menginginkan perda ini semaksimal mungkin dapat diterapkan karena Peraturan Daerah e-Government bersentuhan langsung dengan kepentingan publik dan keterbukaan informasi.

"Apa yang didapatkan dari kaji banding di Yogyakarta, semuanya untuk kepentingan pembangunan di Kabupaten Barito Timur," kata Ariantho.

Dalam kaji banding tersebut, rombongan pemerintah daerah dipimpin langsung Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas. Sedangkan dari DPRD dipimpin langsung Wakil Ketua I DPRD Barito Timur, Ariantho S Muler.

Kunjungan yang mengikutsertakan Diskominfo Bartim dan Bagian Hukum Setda Bartim serta Sekretariat DPRD Barito Timur diterima langsung Sekda Kota Yogyakarta Dra RR Titik Sulastri. Banyak informasi, pengalaman, catatan dan rekomendasi yang didapat dari kaji banding tersebut.

Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Barito Timur bersama DPRD akan melakukan kaji banding terkait peraturan daerah tentang perlindungan perempuan dan anak, dan peraturan daerah tentang kabupaten layak anak pada Pemerintah Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Pemerintah Kabupaten Sleman merupakan kabupaten yang sudah sukses dalam menerapkan perda perlindungan perempuan dan anak, dan perda tentang kabupaten layak anak. Kita akan kesana untuk mengkaji bagaimana penerapannya," kata Ariantho.
 

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar