Ini kecamatan di Kotim yang diusulkan dimekarkan

id Ini kecamatan di Kotim yang diusulkan dimekarkan,Sampit,Kotawaringin timur,DPRD,Jainudin Karim

Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Jainudin Karim. (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Jainudin Karim mengusulkan pemerintah daerah setempat memekarkan Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, sesuai aspirasi masyarakat yang berkembang saat ini.

"Pemekaran Kecamatan Mentawa Baru Ketapang merupakan sebuah kebutuhan guna mempercepat dan pemerataan pembangunan," katanya di Sampit, Kamis.

Saat ini di wilayah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang terdapat enam desa dan lima kelurahan. Kecamatan ini merupakan kecamatan yang sebagian besar wilayahnya merupakan bagian pusat Kota Sampit dan jumlah penduduknya terbanyak di Kotawaringin Timur.

Desa di kecamatan ini meliputi Bapanggang Raya, Bapeang, Bengkuang Makmur, Eka Bahurui, Pelangsian dan Desa Telaga Makmur. Sedangkan lima kelurahan diantaranya Kelurahan Ketapang, Mentaawa Baru Hilir, Mentawa Baru Hulu, Pasir Putih dan Sawahan.

Total luas wilayah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang mencapai 100.000 lebih meter persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 85.623 jiwa, yang terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 44.339 jiwa dan perempuan 41.224 jiwa.

"Jadi, dengan melihat luas wilayah dan banyaknya penduduk tersebut, sudah sewajarnya dilakukan pemekaran agar pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal," tambahnya.

Menurut Jainudin, pemerintah daerah pasti mampu melakukan pemerataan pembangunan meski kecamatan nantinya bertambah. Hal itu dilihat dari total APBD 2019 Kabupaten Kotawaringin Timur yang mencapai Rp1,9 triliun, dan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp242 miliar.

"Jika nantinya pemekaran terwujud, maka ibu kota kecamatan nantinya berada di Desa Bengkuang Makmur. Dan ibu kota kecamatan induk nantinya akan khusus dan fokus mengurusi kelurahan yang ada di wilayahnya," ucapnya.

Jainudin mengaku pihaknya akan segera mengajukan pembentukan peraturan daerah (Perda) untuk pemekaran Kecamatan Mentawa Baru Ketapang tersebut.

"Harapan kami dengan adanya pemekaran di wilayah itu, pembangunan enam desa tersebut nantinya bisa lebih maju karena memiliki dan mengelola anggaran sendiri," ungkapnya.  

Jainudin mengatakan, pemekaran Kecamatan Mentawa Baru Ketapang merupakan sebagai upaya untuk percepatan dan pemerataan pembangunan.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar