Pemkab Kotim tunjukkan komitmen dukung kesuksesan pemilu

id Pemkab Kotim tunjukkan komitmen dukung kesuksesan pemilu,KPU,Bupati,Supian Hadi,Wakil Bupati,Taufiq Mukri,Siti Fathonah Purnaningsih

Pemkab Kotim tunjukkan komitmen dukung kesuksesan pemilu

Bupati H Supian Hadi dan Wakil Bupati HM Taufiq Mukri bersama seluruh anggota KPU saat meninjau sebagian logistik pemilu yang sudah tiba di Sampit, Kamis (17/1/2019). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, menunjukkan komitmen tinggi mendukung kesuksesan penyelenggaraan Pemilu Serentak pada 17 April nanti, salah satunya dengan memfasilitasi Komisi Pemilihan Umum agar bisa menjalankan tugas dengan baik dan lancar.

"Kami mendukung penuh pelaksanaan pemilu. Kami akan terus bersinergi dengan KPU dan pihak terkait lainnya agar pelaksanaan demokrasi di Kotawaringin Timur berjalan dengan baik, aman dan lancar," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Kamis.

Supian dan Wakil Bupati HM Taufiq Mukri secara mendadak datang ke kantor KPU Kotawaringin Timur. Kebetulan kantor itu sedang ramai karena baru usai pelantikan Panitia Pemungutan Suara. Kedatangan Supian dan Taufiq disambut antusias seluruh anggota KPU dan pegawai setempat.

Supian mengatakan kedatangannya hanya untuk bersilaturahmi dengan jajaran KPU, sekaligus meminta informasi perkembangan kesiapan pelaksanaan pemilu di Kotawaringin Timur.

Dia menanyakan tahapan dan kendala yang sedang dihadapi KPU dalam melaksanakan persiapan pemilu. Harapannya, pemerintah bisa mencarikan solusi agar semua tahapan bisa dilaksanakan dengan baik sesuai harapan.

Seperti yang disampaikan Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih saat berdiskusi. Dia menyampaikan bahwa saat ini KPU kekurangan kendaraan operasional padahal sangat dibutuhkan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Menanggapi itu, Supian menjanjikan segera mencarikan solusinya. Dia langsung berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah Halikinnor untuk membantu mengatasi kendala tersebut sehingga KPU dapat menjalankan tugas dengan baik.

"Tadi ketua KPU juga meminta izin menggunakan gedung Tennis Indoor mulai awal Februari untuk menyimpan logistik, kami persilakan dan kami sepakat. Apa yang bisa kami bantu, akan kami bantu demi kelancaran pemilu," ujar Supian.

Dalam kesempatan itu, Supian memerintahkan jajarannya di seluruh tingkatan untuk membantu kelancaran pelaksanaan pemilu. Dia juga mengingatkan aparatur sipil negara untuk tidak terlibat politik praktis karena sanksi berat pasti akan diberikan jika terbukti.

Supian mengimbau masyarakat bersama-sama menjaga kondisi daerah agar tetap kondusif. Dia yakin masyarakat Kotawaringin Timur sangat cerdas dalam menentukan pilihan sehingga tidak terpengaruh oleh tindakan-tindakan melanggar aturan.

Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih mengatakan, saat ini sebagian logistik pemilu sudah tiba, seperti kotak dan bilik suara, serta perlengkapan lainnya. Pihaknya masih menunggu kiriman surat suara dan formulir.

Pendataan calon pemilih yang masuk dalam daftar pemilih khusus dan pemilih tambahan. Masyarakat diminta membantu KPU dengan proaktif melaporkan jika nama mereka belum masuk dalam daftar pemilih sehingga dicatat.

"Kami dari KPU kabupaten siap membantu warga yang ingin lindah memilih, yang penting sudah terdaftar di daerah asal. Kami berharap seluruh pemilih bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik," demikian Siti Fathonah.