Personil kepolisian minim, Kades diminta ikut jaga Kamtibmas jelang Pemilu

id kabupaten barito timur,bartim,kapolres bartim,jumlah personil polres bartim,AKBP Zulham Effendy

Personil kepolisian minim, Kades diminta ikut jaga Kamtibmas jelang Pemilu

Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy foto bersama jajaran, Camat Dusun Tengah dan Camat Paju Epat usai kunjungan kerja di Polsek Dusun Timur, Kamis (17/1/19). (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy menyebut, satu personil kepolisian di kabupaten ini bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah seluas 83 km persegi dan serta 1.500 jiwa.

Melihat hitung-hitungan tersebut, tentu akan berdampak pada kurang optimalnya kepolisian dalam menciptakan kamtibmas jelang pemilihan umum, kata Zulham saat kunjungan kerja di Polsek Dusun Timur di Tamiang Layang, kemarin. 

"Jadi, kami sangat mengharapkan Kepala Desa se Kabupaten Barito Timur bisa bekerjasama dengan anggota kepolisian setempat, untuk menjaga kamtibmas menjelang pemilu 17 April 2019," ucapnya.

Dia pun mencontohkan jumlah personil kepolisian di Polsek Dusun Timur yang hanya berjumlah 17 Orang, diharuskan menjaga kamtibmas di Kecamatan Dusun Timur, dan Kecamatan Paju Epat.

Zulham mengatakan untuk Kecamatan Dusun Timur dengan seluas 867,07 km, terdiri dari 16 desa dan satu kelurahan, serta berpenduduk mencapai 20.295 jiwa. Sedangkan di Kecamatan Paju Paju Epat memiliki 9 desa dengan luas wilayah 554,30 km persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 5.637 jiwa.

Perbandingan pengamanan di wilayah hukum Polsek Dusun Timur dengan warga masyarakat sekitar satu anggota berbanding dengan 1.500 jiwa. Jika dengan luas wilayah maka satu anggota menjaga luas wilayah sekitar 83 km persegi.

"Dalam hitung-hitungan tersebut, tidak mungkin bisa satu anggota mengamankan sekitar 1.500 orang atau jiwa. Jadi, saya minta bantuan pak camat dan kades di wilayah hukum Polsek Dusun Timur untuk bekerjasama menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat," ucapnya.

Mantan Kasubdit Indagsi Polda Kalteng itu juga meminta para kades agar menjaga keutuhan, kedamaian dan keamanan yang telah terjaga sejak dulu dengan mencegah hoax atau kabar bohong.

Permasalahan keamanan akan banyak muncul jika hoax diterima langsung oleh masyarakat. Hal ini perlu dicegah secara bersama-sama dengan masyarakat.

Pria berpangkat melati dua itu juga memaparkan program yang telah dicanangkan bersama jajarannya, yakni lima program polisi peduli dan tiga program berantas.

"Berantas premanisme, berantas narkoba dan berantas kejahatan sedangkan program peduli antara lain peduli orang tua dan anak yatim, peduli pendidikan, peduli lingkungan," katanya.

Zulham berharap program tersebut dapat berjalan dengan baik dengan dukungan serta  kerja sama kepada beberapa pihak dan masyarakat.