Izin operasional pelabuhan Segintung keluar jika akses jalan selesai dibangun

id kabupaten seruyan,seruyan,pelabuhan segintung,izin operasional pelabuhan segintung, Kepala KSOP Kuala Pembuang,Muzahir

Kepala KSOP Kuala Pembuang Muzahir. (Foto Antara Kalteng/Fahrian Adriannoor)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mendorong pemerintah setempat untuk menyelesaikan akses jalan menuju Pelabuhan Samudera Teluk Segintung.

"Kita berharap jalan menuju Pelabuhan Segintung dapat diselesaikan sehingga pelabuhan dapat segera dioperasionalkan," kata Kepala KSOP Kuala Pembuang Muzahir di Kuala Pembuang, Jumat.

Dikatakan, KSOP Kuala Pembuang belum lama ini sudah mengajukan izin operasional Pelabuhan Segintung ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Izin operasional itu baru akan diberikan apabila jalan dari Kuala Pembuang menuju Pelabuhan Segintung selesai dibangun.

Muzahir mengakui pada tahun 2018, Pemkab Seruyan telah menyelesaikan pembangunan jalan aspal dari Kuala Pembuang menuju Pelabuhan Segintung sepanjang kurang lebih 13 kilometer dari panjang jalan 21 kilometer.

"Makanya kita mendorong agar pemerintah segera menyelesaikan jalan menuju pelabuhan sehingga izin operasional dapat diberikan," katanya.

Ia menjelaskan, sejak 2016 lalu Pelabuhan Segintung yang menghadap langsung Laut Jawa sebenarnya sudah layak untuk dioperasionalkan, terutama untuk sandar kapal dengan ukuran di atas 100 gross tonnage (GT).

Sejumlah fasilitas di pelabuhan yang kini sudah tersedia seperti trestle sepanjang 1.400 meter, dermaga bongkar muat, terminal peti kemas, serta kantor pelabuhan.

Bahkan, pada 2017 pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan menganggarkan Rp9,2 miliar untuk pembangunan sisi darat Pelabuhan Segintung yang juga sudah selesai dibangun, yakni terminal penumpang, akses jalan dalam pelabuhan, saluran air, pos, serta plang nama pelabuhan.

Menurutnya, Pelabuhan Segintung yang telah menghabiskan anggaran pembangunan ratusan miliar bakal menjadi aset potensial dan memiliki peran penting dalam dunia investasi serta mendorong pengembangan perekonomian di Kalteng, khususnya di Seruyan.

Sesuai dengan rencana, Pelabuhan Segintung yang berada di Kecamatan Seruyan Hilir akan dikembangkan menjadi kawasan industri dan kawasan strategis lainnya di Kalteng.

Pelabuhan Segintung dengan letaknya yang strategis langsung mengarah ke Laut Jawa serta memiliki keunggulan jarak pelayarannya terdekat ke Pulau Jawa dapat mendorong keluar masuk arus barang di Kalteng menjadi lebih cepat.

"Apabila dioperasionalkan tentunya akan memicu pertumbuhan serta perkembangan ekonomi di wilayah Kalteng khususnya untuk wilayah Seruyan," katanya.

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar